Tuesday, January 15, 2019

Menggunakan dan Mengatur Jarak Spasi Baris pada Microsoft Word


Dalam membuat sebuah dokumen, surat, laporan, skripsi atau jenis tulisan lainnya, jarak antar baris atau paragraf dalam karya - karya tersebut haruslah kita atur sedemikian rupa agar lebih mudah dibaca dan membuatnya lebih rapi serta ketika dicetak, dokumen tersebut menjadi lebih pas.

Spasi baris merupakan jarak ruang antara baris satu dengan baris lainnya dalam sebuah paragraf. Dengan menggunakan Microsoft Word, kita bisa mengatur spasi baris sesuai dengan kebutuhan kita, adapun pilihan yang disediakan oleh Word adalah satu spasi (satu baris), spasi ganda (dua baris), tiga spasi (tiga spasi), serta beberapa pilihan lainnya yang bisa kita sesuaikan sesuai kebutuhan.
Pada gambar di bawah, dapat kita lihat contoh dari spasi standar, spasi tunggal dan sepasi ganda.

Untuk mengatur jarak antar spasi berikut adalah langkah - langkah yang bisa kita lakukan.
1.       Pilih atau blok teks yang akan diatur jarak spasinya

2.       Kemudian pada tab Home, klik perintah Line and Paragraph Spacing, kemudian pada daftar pilihan yang ditampilkan, pilih jenis spasi yang dibutuhkan. Dapat dilihat pada gambar di bawah.

3.       Maka jarak spasi akan berubah sesuai dengan pilihan yang kita pilih.
Pilihan untuk mengatur jarak spasi tidak hanya terbatas pada pilihan yang ditampilkan pada menu Line and Paragraph Spacing, untuk pengaturan lebih lanjut dan lebih lengkap kita bisa pilih menu Line Spacing Option seperti pada gambar.

Cara lain yaitu dengan dengan mengeklik tombol panah bawah pada menu Paragraph.

Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai pilihan jarak spasi pada menu Line Spacing, detailnya dapat dilihat pada gambar. Untuk Single; 1.5 lines dan Double penggunaannya sudah ditampilkan pada gambar sebelumnya. Berikut adalah sedikit pengertian mengenai pilihan selanjutnya.

·       Exactly
Jarak spasi baris diukur dalam poin, seperti pada ukuran huruf / font.
·       At least
Mirip dengan exactly, dimana jarak baris diukur dalam poin, namun jika dalam satu baris terdapat teks dengan ukuran yang berbeda, maka jarak spasinya menyesuaikan dengan ukuran teks yang lebih besar.
·       Multiple
Pada pilihan multiple, jumlah jarak spasi yang diinginkan dapat kita ketikkan pada kolom yang disediakan.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments