Thursday, September 16, 2021

Beberapa cara untuk mengatasi Drive C: yang penuh

Sebagai pengguna komputer, pasti kita sering mengalami kejadian bahwa drive C kita semakin tambah besar kapasitasnya, atau dengan kata lain, kapasitas yang kosong semakin menipis. Padahal, Drive C biasanya merupakan lokasi kita untuk meletakkan file system dari komputer. Ketika Drive C semakin penuh tentu akan berpengaruh pada komputer kita.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika Drive C selalu kita bersihkan secara berkala, terutama dari file – file “sampah” yang sudah tidak diperlukan lagi. Adapun langkah – langkah yang bisa kita tempuh untuk membersihkan Drive C yaitu :

1. Menghapus file – file pribadi

Sebaiknya file – file pribadi tidak kita letakkan di Drive C, terlebih dahulu kita seleksi file – file pribadi kita, kemudian kita pindahkan ke partisi lain, seperti misalnya Drive D atau Drive E jika ada.

2. Menghapus file – file temporary sistem

a. Untuk menghapus file – file temporary, kita bisa lakukan dengan cara berikut :

b. Tekan tombol keyboard Windows  dan R

c. Ketikkan “Temp” lalu klik tombol “OK”


d. Akan tampil jendela Windows Explorer, selanjutnya kita bisa hapus semua file dan folder yang di folder “Temp”


3. Menggunakan storage sense

Fitur ini berfungsi untuk menghapus data cache. Untuk menggunakan fitur Storage Sense, kita bisa membukanya melalui menu Search

a. Pada kolom Search, ketikkan storage sense, kemudian pastikan kolomnya sudah dalam posisi on


b. Lalu klik menu Configure Storage Sense or run it now

c. Kemudian klik tombol Clean

4. Menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan


Cara selanjutnya kita bisa menghapus aplikasi – aplikasi kecil yang terkadang tidak sengaja ikut terinstall ketika kita menginstall aplikasi lain, atau bisa juga ketika sedang berselancar di internet. Meskipun ukurannya kecil, tetapi kalau jumlahnya cukup banyak, tentu akan berpengaruh dan menghabiskan kapasitas penyimpanan harddisk

5. Menghapus data – date cache dari browser


Seperti halnya sistem, browser juga akan menyimpan cache secara otomatis, hal ini terjadi ketika kita sedang mengunjungi sebuah situs . sehingga cache tersebut jika tidak pernah dibersihkan maka semakin lama akan semakin menumpuk.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments