Saturday, November 24, 2018

Cara mudah melihat spesifikasi hardware dari komputer atau laptop



Untuk kita yang sehari - hari menggunakan komputer atau laptop, tentunya kita harus mengetahui spesifikasi dari komputer atau laptop yang kita gunakan, hal ini menjadi penting, mengingat spesifikasi hardware merupakan salah satu komponen yang harus diperhitungkan apabila kita akan menginstall atau menggunakan aplikasi - aplikasi dalam komputer. Apabila spesifikasi komputer terlalu rendah dari batas minimum yang dibutuhkan sebuah aplikasi tentu akan membuat performanya menjadi tidak optimal dan cenderung sangat lambat dan bahkan bisa menghambat kinerja kita.
Ada beberapa cara untuk mengetahui spesifikasi dari komputer atau laptop, diantaranya yaitu :
1.         Menggunakan DirectX Diagnostic Tools (dxdiag)

Windows sudah menyediakan cara yang paling mudah, yakni dengan menggunakan dxdiag, fitur ini merupakan tool bawaan dari windows, untuk menggunakannya, kita bisa mengaksesnya yakni dengan cara, buka RUN atau Windows+R pada keyboard, kemudian pada window yang tampil, ketikkan “dxdiag” lalu tekan Enter atau klik OK, maka akan tampil window seperti berikut


Kita pun dapat melihat informasi perihal spesifikasi komputer kita, mulai dari tab system yang berisikan informasi waktu pada komputer, sistem operasi yang digunakan, kapasitas memory, dan informasi lainnya. Kemudian ada tab Display, Sound, serta Input.

2.       Menggunakan Sistem Informasi
Cara selanjutnya yaitu dengan fitur Sistem Sistem Informasi, untuk mengaksesnya kita bisa masuk ke windows explorer, kemudian klik kanan pada bagian My Computer atau This PC, pilih properties, sehingga akan tampil seperti pada gambar berikut dimana terdapat informasi mengenai processor, sistem operasi dan informasi lainnya.

3.       Menggunakan CPU-Z
CPU-Z merupakan aplikasi pihak ketiga sehingga bukan tool bawaan windows, untuk menggunakannya kita harus menginstallnya terlebih dahulu. Setelah diinstall, bisa langsung kita buka, berikut adalah tampilan dari aplikasi CPU-Z yang menampilkan spesifikasi lengkap dari komputer kita.
4.      Menggunakan Software Speccy
Aplikasi lain yang bisa kita gunakan yakni Speccy, yang juga merupakan aplikasi pihak ketiga, sama seperti CPU-Z, kita jarus menginstallnya terlebih dahulu untuk menggunakannya. Berikut adalah tampilan dari aplikasi Speccy, pada tab summary akan tampil detail dari hardware pada PC atau laptop kita.
Demikian, Semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments