Saturday, October 19, 2019

Blok USB Storage via Registry Editor (Regedit)



Saat ini, flashdisk merupakan media penyimpanan yang sangat digemari bagi banyak orang, disamping bentuknya yang kecil, flashdisknya mudah sekali digunakan, hal ini dikarenakan hampir
semua komputer atau pun laptop yang dilengkapi dengan port usb sebagai media untuk menancapkan flashdisk tersebut.
Namun terkadang, flashdisk juga bisa berbahaya, karena bisa saja flashdisk tersebut banyak digunakan di berbagai komputer atau laptop sehingga bisa menjadi media penyebaran virus. Oleh karena itu, pada sebuah jaringan lokal atau komputer pribadi kita, tidak ada salahnya apabila kita memblokir fungsi usb sebagai penyimpanan agar tidak sembarang flashdisk bisa digunakan pada perangkat komputer kita.
Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk memblokir fungsi usb sebagai media penyimpanan melalui registry editor (regedit).

1.    Buka terlebih dahulu jendela Registry Editor, dengan cara buka menu Run, kita gunakan tombol Win + R. Setelah muncul jendel Run, ketik regedit dan tekan Enter / OK.

2.    Maka jendela Registry Editor akan muncul.

3.    Setelah itu telusuri alamat berikut : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\USBSTOR

4.    Jika sudah ketemu, pada panel di sebelah kanan, double klik menu Start.

5.    Maka jendela baru akan tampil.

6.    Secara default, nilai Value data adalah “3”, untuk menonaktifkan fungsi USB sebagai media penyimpanan, ubah nilai tersebut menjadi “4”, lalu klik “OK”.

7.    Jika ternyata di kemudian hari ingin mengaktifkan kembali fungsi tersebut sebagai media penyimpanan, ikuti kembali langkah di atas dan ubah nilai Value data yang diubah sebelumnya menjadi nilai default yakni “3”.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments