Saturday, May 15, 2021

Beberapa tips untuk menghemat baterai smartphone

 

Saat ini, smartphone merupakan suatu barang yang hampir pasti dimiliki oleh semua orang, hal disebabkan oleh semakin canggih dan banyaknya fitur – fitur yang dimiliki oleh smartphone tersebut sehingga bisa difungsikan bermacam – macam, yakni untuk main game, mengambil gambar (foto), menonton film, merekam suara, berkomunikasi, serta berbagai fungsi lainnya.

Dengan bermacam – macam fungsi tersebut tentu akan membuat baterai akan lebih cepat habis. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba, agar baterai smartphone kita awet sehingga tidak cepat habis.

sumber: pixabay.com

1. Cek aplikasi yang menghabiskan daya baterai

Aplikasi yang berkapasitas besar biasanya menguras daya baterai, untuk mengecekanya kita bisa menuju menu “Settings”, selanjutnya pilih menu “Baterry & Performance” kemudian pilih menu “Power Usage”.

2. Turunkan cahaya atau kecerahan smartphone

Sebaiknya atur kecerahan layar smartphone sesuai dengan kebutuhan, yakni tidak terlalu terang, sebab jika semakin terang maka akan lebih cepat pula menguras daya baterai.

3. Matikan sinyal radio yang tidak digunakan

Sinyal – sinyal radio seperti Wi-fi, GPS, serta Bluetooth akan menguras daya baterai, sebaiknya fitur – fitur tersebut dimatikan jika tidak digunakan.

4. Jangan tinggalkan aplikasi yang sedang berjalan

Fitur multi tasking yang dimiliki smartphone sebenarnya bisa menguras daya baterai karena dengan beberapa aplikasi yang terbuka maka aplikasi tersebut tetap berjalan pada sistem dan memori, jadi aplikasi – aplikasi yang sedang tidak digunakan sebaiknya ditutup.

5. Sebaiknya jangan menggunakan widgets  dan live wallpaper

Menggunakan gambar wallpaper aplikasi serta live wallpaper memang bisa mempercantik tampilan smartphone kita, akan tetapi hal tersebut dapat meningkatkan kerja prosesor dan tentunya dapat menguras baterai smartphone kita.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments