Wednesday, May 19, 2021

Perbedaan Layar LCD dan LED

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, maka semakin berkembang pula kualitas dari layar monitor,  jika dulu kita mengenal monitor tabung, maka sekarang terdapat pula jenis lain seperti

plasma, LED serta ada juga LCD. Saat ini, jenis monitor LED dan LCD yang paling banyak dipakai, meskipun secara sekilas LED dan LCD kelihatan sama, namun sebenaranya kedua jenis monitor tersebut sangat berbeda. Berikut adalah perbedaannya :
pixabay.com

1. Definisi

Secara definisi, LED merupakan diode persimpangan p-n yang dapat memancarkan pada saat mendapat arus bias maju. Sedangkan LCD, menggunakan filament cair yang diisi di antara elektroda gelas untuk emisi cahaya.

2. Tingkat Kontras

LED lebih baik daripada LCD dalam menghasilkan layar hitam murni. Cahaya pada monitor LED lebih beragam dalam menghasilkan warna yang kompleks serta gambarnya pun tampak lebih bersih dan jernih.

3. Akurasi Warna

LED dapat menghasilkan lebih dari 16 juta warna cahaya sehingga memiliki akurasi warna yang lebih

4. Ketebalan Layar

Meskipun sama – sama tipis, namun monitor LED lebih tipis daripada LCD. Dikarenakan oleh material dari kedua monitor tersebut, material LED lebih tipas karena bahan dasar utama dari LED adalah cairan sehingga membutuhkan tempat yang luas. Akhirnya hal tersebut membuat wadah penampung dari cairan tersebut berbeda.

Berdasarkan beberapa hal di atas, dapat kita simpulkan bahwa LED memiliki beberapa keunggulan daripada LCD sehingga tentunya harganya menjadi lebih mahal, namun jika kita membutuhkan monitor dengan kualitas standar maka LCD merupakan pilihan yang terbaik.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments