Friday, February 4, 2022

Mengatasi icon volume yang tidak berfungsi ketika di klik

Ketika kita akan bekerja menggunakan komputer, ada kalanya kita pernah mengalami icon volume yang terletak di taskbar tidak bereaksi ketika di klik. Hal ini kemungkinan terjadi setelah kita mengupdate windows atau mungkin setelah menginstall program tertentu. Icon volume pada taskbar

tersebut merupakan cara cepat untuk mengatur volume, sehingga tentu akan sangat merepotkan jika tidak bereaksi.

Secara normal ketika icon tersebut di klik, akan muncul suatu slider volume, yang bisa digerakkan ke kanan atau ke kiri untuk memperbesar atau memperkecil volume,


atau jika di klik kanan akan muncul pintasan menu untuk yang berkaitan dengan volume, seperti Open Sound Setting, Open Sound Mixer dan menu lainnya.


Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya, antara lain sebagai berikut :

1.    Restart windows audio service

Cara yang bisa dicoba yang dengan mengulang kembali layanan windows audio, dimana layanan ini berfungsi untuk mengontrol semua perangkat audio.

Untuk membukanya, kita bisa menggunakan bantuan menu “Run”, yakni :

a.       menggunakan tombol keyboard “Windows + R”, kemudian ketikkan perintah “services.msc

b.       pada jendela service yang tampil, temukan menu “Windows Audio” kemudian klik kanan pada menu tersebut, lalu klik “Properties”


c.       pada jendela Properties dari Windows Audio, klik tombol “Stop” untuk menghentikan layanan, lalu tunggu beberapa saat, kemudian klik tombol “Start” yang ada disebelahnya, lalu klik tombol “OK”.


2.    Restart windows explorer

Di Windows 10, Windows Explorer merupakan suatu proses yang bertanggungjawab terhadap sebagai besar User Interface seperti Desktop, Taskbar, Start Menu, File Explorer dan berbagai elemen lainnya, sehingga jika icon speaker tidak bekerja maka bisa jadi ada suatu kendala pada Windows Explorer tersebut, sehingga Windows Explorer (explorer.exe) perlu di restart.

Untuk merestartnya, bisa kita lakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut :

a.       Buka task manager, bisa dengan klik kanan pada area kosong pada Taskbar, kemudian klik Task Manager. Atau bisa juga dengan cara cepat dengan kombinasi tombol keyboard “Ctrl + Shift + Esc

b.       Setelah tampil Task Manager, di tab Processes cari Windows Explorer, kemudian klik kanan, pada menu pintas yang muncul klik tombol “Restart”


Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments