Monday, October 25, 2021

Cara mengetahui model kartu grafis tanpa membuka CPU

Kartu grafis atau yang kita kenal sebagai VGA Card atau graphics card merupakan suatu komponen yang diperlukan agar dapat menjalankan aplikasi yang membutuhkan grafis tinggi, seperti aplikasi untuk mengedit gambar atau video, bermain game. Kartu grafis ini bisa berupa kartu grafis tambahan

atau bisa juga yang terintegrasi atau bawaan.

Penting bagi kita untuk mengetahui model kartu grafis yang terpasang pada komputer kita, terutama saat kita akan mengupdate driver baru kartu grafis  yang telah dirilis oleh produsen dari kartu grafis tersebut, atau mungkin jika kartu grafis tersebut rusak maka kita akan mudah menggantinya dengan spesifikasi yang sama.

Untuk mengetahui kartu grafis dari komputer kita, Microsoft Windows menyediakan tool bawaan yang dapat kita gunakan sehingga kita tidak perlu membuka CPU atau chasing dari laptop kita.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita gunakan :

1.    Melalui Task Manager

Terlebih dahulu kita buka jendela Task Manager, bisa dengan kombinasi tombol keyboard “Ctrl + Shift + Esc”. Setelah terbuka klik tab “Performance”. Lalu klik pada bagian GPU. Maka kita dapat melihat model kartu grafis tersebut.


2.    Melalui Device Manager

Device Manager merupakan tool dari Microsoft Windows untuk mengelola berbagai macam perangkat atau device yang terpasang pada komputer kita seperti kartu grafis, Bluetooth, mouse, keyboard, USB Device, kartu jaringan, kamera dan perangkat lainnya. Untuk mengetahui model karti grafis, terlebih dahulu kita buka Device Manager. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan Windows Run yaitu dengan kombinasi tombol keyboard “Windows + R”, kemudian ketikkan “devmgmt.msc”, lalu klik klik tombol “OK”. Lalu klik tanda panah pada bagian “Display adapters”, dan kita dapat melihat model kartu grafis kita.


3.    Melalui Tool DirectX Diagnostic

Untuk melihat kartu grafis melalui Tool DirectX Diagnostic, tentunya kita harus membukanya terlebih dahulu, bisa dengan menggunakan tool Run, dengan kombinasi tombol keyboard “Windows + R”, kemudian ketikkan “dxdiag”, kemudian tekan tombol “OK”. Di jendela DirectX Diagnostic yang muncul, klik tab Display, maka model kartu grafis kita akan tampil.


Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments