Saturday, February 27, 2021

Cara mengecilkan ukuran foto atau gambar menggunakan aplikasi Paint

Foto merupakan salah satu sarana yang sangat populer untuk mengabadikan momen penting, seperti misalnya liburan, acara – acara penting, dokumentasi pekerjaan atau kepentingan lainnya. Terlebih lagi di Zaman sekarang ini, perangkat smartphone kita sudah dibekali dengan kamera yang super canggih sehingga kita bisa mengabadikan setiap momen, setiap kegiatan dengan mudah.

Namun, dalam kondisi tertentu kita perlu memperkecil ukuran foto tersebut, mungkin karena keterbatasan kapasitas penyimpanan, melamar pekerjaan, upload dokumen dan lain sebagainya. Untuk memperkecil ukuran foto, salah satu cara yang bisa kita tempuh yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi “Paint”. Adapun langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama tentunya kita harus tentukan gambar atau foto yang akan kita kecilkan ukurannya.
  2. Selanjutnya kita buka file gambar tersebut menggunakan program “Paint”, cara yang termudah yaitu dengan klik kanan pada file tersebut, lalu pilih “Open with”, dan kita pilih “Paint”.

  3. Untuk mengecilkan ukuran foto, kita bisa klik menu “Resize”, atau bisa juga menggunakan kombinasi tombol “Ctrl + W.

  4. Akan tampil jendela Resize and Skew, pada bagian “By”, ubah terlebih dahulu menjadi “Pixels”. Setelah itum ubah resolusi sesuai keinginan dan kebutuhan, setelah pengaturannya selesai klik tombol “OK”, jika dirasa masih belum sesuai, kita bisa klik menu Resize lagi untuk melakukan pengaturan ukuran kembali.

  5. Jika benar – benar sudah sesuai, selanjutnya klik menu “Save” atau kombinasi tombol “Ctrl + S” untuk menyimpan perubahan yang telah kita buat.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments