Saturday, June 5, 2021

Jenis – jenis layar pada smartphone

Pada sebuah smartphone layar merupakan salah satu bagian yang bisa dibilang paling penting, dikarenakan layar merupakan komponen yang kita gunakan untuk berinteraksi dengan perangkat lunak dari sebuah smartphone kita.

Saat ini, layar dari smartphone telah mengalami banyak perkembangan dari segi teknologinya, sehingga semakin lama semakin canggih. Berikut ini adalah beberapa jenis dari layar smartphone :

sumber : pixabay.com

1. IPS LCD (In Place Switching)

Layar jenis ini memiliki sudut pandang yang luas, selain itu juga tidak banyak menguras daya. Serta masa pakai baterai yang jauh lebih baik.

2. OLED (Organic Light Emitting Diode)

Merupakan teknologi terbaru untuk layar smartphone. Terbuat dari bahan organik yang diletakkan di antara dua lembar konduktor yaitu anoda dan katoda, serta ditempatkan juga di antara plat atas kaca dan plat bawah kaca (substrat). OLED memiliki ketajaman warna yang sangat baik serta responnya juga cepat. Untuk sudut pandangnya lebih luas dari layar IPS.

3. AMOLED (Active Matrix Organic Lighr Emitting Diode)

Layar AMOLED memiliki reproduksi warna yang cemerlang, lebih terang, kecerahannya tepat, warna hitam yang pekat serta masa pemakaian baterai yang lebih baik.

4. RETINA

Retina menghasilkan gambar yang sangat tajam dan warnanya juga jelas. Serta hanya dipakai pada perangkat dari Apple saja, sudah dipakai untuk Iphone sejak generasi ke-4 hingga saat ini yang terbaru.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments