Monday, June 14, 2021

Mengenal jenis – jenis panel layar pada monitor

Ketika akan membeli sebuah laptop, tidak ada salahnya jika kita mengetahui jenis panel layar yang digunakan pada laptop tersebut, untuk mendapatkan performa yang maksimal, maka jenis lauyar sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kita, seperti untuk content creator, gaming atau mungkin

kebutuhan lainnya. Meskipun spesifikasi biasanya jadi pertimbangan adalah mengenai kapasitas harddisk, memory, serta prosesor. Untuk mendapatkan performa maksimal, alangkah lebih baik jika pemilihan jenis panel layar pada laptop disesuaikan dengan kebutuhan kita.
sumber : pixabay.com

1. Twisted Nematic (TN)

Merupakan teknologi awal dalam pengembangan panel layar monitor. Panel TN banyak digunakan untuk laptop, terutama untuk segmen pasar dengan bujet terbatas.

2. In-Plane Switching (IPS)

Panel layar jenis ini banyak digunakan oleh content creator, dikarenakan memiliki sudut pandang yang baik serta menghasilkan warna dengan akurasi yang juga sangat baik. Laptop yang menggunakan layar IPS berada pada kisaran menengah hingga kelas atas.

3. Organic Light Emitting Diode (OLED)

Jenis ini banyak digunakan pada TV dan telepon seluler daripada laptop. Reproduksi warna dan akurasi warna yang dihasilkan lebih baik daripada IPS, sehingga tentunya harganya lebih mahal.

4. Vertical Alignment (VA)

Jenis panel ini menggunakan Kristal cari yang disejajarkan secara vertikal. Panel VA ini memiliki kontras dan kedalaman yang paling baik jika dibandingkan dengan jenis panel layar lainnya, tetapi memiliki waktu respon yang lebih lama.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments