Saturday, August 14, 2021

Kegunaan fitur NFC di Smartphone

Ketika kita membeli smartphone generasi terbaru, salah satu fitur yang sudah disematkan pada smartphone tersebut adalah fitur NFC. Namun pasti ada yang belum tahu mengenai fitur tersebut.

NFC merupakan singkatan dari Near-field Communication. Fitur ini pertama kali dipatenkan tahun 1983 oleh Charles Walton.

Untuk menggunakan fitur NFC, kita tinggal mendekatkan dua perangkat yang akan dikoneksikan, sekilas akan mirip infra merah atau Bluetooth, namun bedanya NFC bekerja dengan menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) yaitu menggunakan gelombang radio. Perangkat NFC dibagi menjadi menjadi perangkat aktif dan pasif. Perangkat aktif yaitu smartphone kita, sedangkan untuk perangkat pasif seperti e-toll atau e-money dimana perangkat tersebut tidak memiliki daya namun dapat berkomunikasi dengan perangkat aktif.

Untuk bisa menggunakan NFC maka perangkat yang dihubungkan harus dalam jarak yang cukup dekat, yakni sekitar 4 cm. salah satu penggunaan NFC yang sudah sangat populer yaitu penggunaan e-toll.

Selain itu, ada beberapa fungsi lain dari NFC yang bisa kita manfaatkan, antara lain :

1. Menyambungkan handphone ke perangkat lain

Secara umum fungsi utama dari NFC adalah menghubungkan smartphone dengan perangkat lain. Jika menggunakan bluetooth kita harus melakukan pairing terlebih dahulu, dengan NFC kita tinggal menempelkan kedua perangkat agar bisa terhubung.


2. Untuk transfer file

Fungsi selanjutnya yaitu kita saling berkirim atau transfer file, seperti gambar dokumen dan file – file lain antar smartphone, tentunya kedua smartphone yang akan digunakan harus sama – sama memiliki fitur NFC.

3. Pembayaran cashless

Sebenarnya fitur NFC juga bisa kita gunakan sebagai salah satu metode pembayaran, seperti halnya Samsung Pay, Apple Pay, serta Google Pay, namun sayangnya di Indonesia masih belum maksimal penggunaannya.


4. Akses informasi pada smart card

Fungsi selanjutnya dari NFC adalah bisa melakukan pembacaan data, seperti misalnya pada smart card, seperti e-toll, e-money serta jenis smart card lainnya. Sehingga kita bisa mengecek saldo e-toll dan bisa sekalian mengisi saldonya.

5. Membuka aplikasi secara otomatis

Untuk menggunakan fitur ini kita juga harus memiliki suatu perangkat semacam NFC tag. Misalnya NFC tag yang diprogram untuk memutar music, sehingga kita membuka aplikasi pemutar music dengan sekali tap saja.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments