Wednesday, August 11, 2021

Cara membagi layar untuk 2 aplikasi di Windows 10

Sering kali kita perlu untuk membuka 2 aplikasi secara langsung, seperti misalnya aplikasi Microsoft Word serta browser Mozilla Firefox atau browser lain, dengan tujuan ingin menggunakan aplikasi tersebut secara bersama – sama, mungkin ingin membuka browser sambil mengetik. Alangkah

merepotkan jika kedua aplikasi tersebut masing – masing terbuka secara penuh di layar, sehingga harus membukanya secara bergantian agar bisa tampil di layar. Lebih baik jika layar monitor dapat terbagi sehingga kita membuka dan mengakses aplikasi tersebut secara bersama.

Untuk bisa membagi layar atau split screen di Windows 10, kita bisa lakukan beberapa langkah mudah berikut :

1.    Silahkan buka terlebih dahulu aplikasi yang akan digunakan, disini minimal dua aplikasi.

2.    Setelah terbuka aplikasinya, kita buka aplikasi yang pertama. Sebagai contoh, kita gunakan aplikasi Browser Mozilla Firefox.

3.    Kemudian, tekan kombinasi tombol Keyboard yakni tombol Windows + panah kiri dengan tujuan kita akan meletakkan aplikasi Browser Mozilla Firefox pada layar sebelah kiri.


4.    Selanjutnya buka aplikasi kedua, disini kita akan menggunakan aplikasi Microsoft Word.

5.    Setelah terbuka, tekan kombinasi tombol Keyboard yakni tombol Windows + panah kanan dengan tujuan kita akan meletakkan aplikasi Browser Mozilla Firefox pada layar sebelah kanan.

6.    Tampak bahwa layar monitor kita sudah terbagi dua sama rata untuk bisa kita gunakan membuka dua aplikasi secara bersama – sama.


7.    Sebagai tambahan, untuk mengatur lebar aplikasi, cukup dengan dengan klik dan drag garis diantara kedua aplikasi tersebut pada arah yang kita inginkan.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments