Wednesday, October 20, 2021

Cara cepat menemukan file dengan ukuran besar di Windows Explorer

Ketika kita menggunakan sebuah komputer, hal yang paling umum terjadi adalah ruang penyimpanan atau harddisk menjadi semakin penuh, hal ini wajar terjadi karena ketika kita sedang mengerjakan sesuatu seperti mengetik, mendownload dari internet pasti akan tersimpan di harddisk kita. Ketika ruang penyimpanan semakin penuh dan ruang yang kosong menjadi semakin sempit, tentu akan

berpengaruh pada kinerja komputer, bisa jadi menjadi lebih lambat dari sebelumnya.

Untuk itulah secara berkala kita harus membersihkan ruang penyimpanan komputer secara berkala, salah satu cara yaitu dengan mencari file – file tersebut yang sudah tidak dipergunakan lagi, terutama untuk file – file yang berukuran besar, kemudian menghapusnya.

Untuk melakukan pencarian file – file tersebut, kita bisa melakukannya dengan memanfaatkan fitur bawaan Windows Explorer. Yaitu dengan perintah pencarian tingkat lanjut atau Advanced Search Command. Melalui fitur pencarian tingkat lanjut kita dapat menyaring file dan folder berdasarkan kriteria yang sudah kita tentukan.

Untuk menemukan file – file berdasarkan ukuran file tersebut, kita bisa memasukkan perintah tertentu sesuai ketentuan. Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut :

  • Mencari file dengan ukuran antara 1MB – 128MB, kita masukkan perintah size:medium
  • Mencari file dengan ukuran antara 128MB – 1GB, kita masukkan perintah size:large
  • Mencari file dengan ukuran antara 1GB – 4GB, kita masukkan perintah size:huge
  • Mencari file dengan ukuran antara 1MB – 128Mb, kita masukkan perintah size:medium
  • Mencari file dengan ukuran antara 4GB - , kita masukkan perintah size:gigantic

Selain dengan perintah tersebut, kita juga menggunakan perintah yang lebih spesifik, seperti perintah “size> 1GB”, “size<1MB”.

Berikut adalah cara untuk mencari file berdasarkan kriteria kapasitas tertentu :

  1. Buka atau jalankan Windows Explorer terlebih dahulu, untuk cara cepatnya bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard “Windows + E”.
  2. Klik drive atau folder yang akan kita cari file – file tersebut, kemudian pada ketikkan “size:medium” di bilah pencarian kemudian ketik tombol “Enter”.

  3. Dapat kita lihat pada hasil pencarian, bahwa file – file yang memenuhi kriteria akan ditampilkan.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments