Wednesday, October 6, 2021

Mengenal fitur volte beserta fungsinya

Smartphone sekarang ini sangat diperlukan diperlukan dalam kehidupan sehari – hari, utamanya untuk kegiatan berkomunikasi. Terkadang kita perlu mengirim pesan melalui Whatsapp tapi tidak terkirim karena disaat yang bersamaan kita sedang bekomunikasi dengan seseorang melalui sambungan telepon. Hal ini bisa saja terjadi karena smartphone kita mengutamakan panggilan telepon daripada akses data

internet untuk mengirim pesan melalui whatsapp. Secara default jaringan 4G LTE tidak bisa digunakan ketika sedang berkirim pesan singkat (SMS) atau melakukan panggilan telepon, sehingga tentunya secara otomatis maka smartphone akan memindahkan jaringannya ke 3G atau bahkan 2G ketika sedang menelepon atau berkirim pesan singkat (SMS).

Hal tersebut tentu akan menyebabkan suatu ketidaknyamanan karena bisa saja pesan melalui Whatsapp tersebut bisa menjadi tertunda pengirimannya. Namun saat ini, para pengembang di bidang telekomunikasi telah meluncurkan suatu layanan teknologi untuk mengatasi hal tersebut. Teknologi tersebut dinamakan “VoLTE”.

VoLTE merupakan singkatan dari Voice Over Long Term Evolution dimana Long Term Evolution (LTE) merupakan nama lain dari 4G. Ketika smartphone kita menggunakan jaringan VoLTE maka ketika kita sedang main game online atau mengirim pesan Whatsapp maka akan terasa stabil karena tidak harus berganti jaringan ke 3G misalnya ketika sedang menerima pesan singkat (SMS) atau pun sedang menelepon.

Namun apabila ingin menggunakan teknologi VoLTE maka disamping operator seluler yang kita gunakan sudah mempunyai teknologi tersebut maka smartphone kita juga harus mendukung fitur tersebut.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments