Friday, April 22, 2016

Menggunakan Conditional Formatting (Highlight Cell Rules) pada Microsoft Excel



Microsoft Excel memiliki banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya. Fitur yang akan kita bahas kali ini yaitu Conditional Formatting, fitur ini mirip dengan Format Cell, namun bedanya pada Conditional Formatting, kita bisa menentukan terlebih dahulu kriteria - kriteria tertentu yang akan diterapkan apabila ingin menghasilkan hasil tertentu. Untuk yang pertama, yaitu tentang Highlight Cell Rules.

Pada Highlight Cell  Rules,  kita akan memformat cell berdasarkan nilai yang ada pada cell tersebut.
Sebagai contoh ada data seperti di bawah ini.

Kita akan  mengatur supaya cell yang mempunyai nilai lebih besar dari 50, background colornya menjadi biru dan fontnya menjadi tebal.
Langkah – langkahnya yaitu :
Blok range A1:A13, kemudian klik Conditional Formatting, Highlight Cell Rules, More Rules

Ada beberapa aturan yang sudah ada, mulai dari Greater Than sampai Duplicate Values seperti yang terlihat pada gambar di atas, namun jika ingin membuat rule dengan kriteria yang lebih banyak bisa dipilih More Rules, dan akan tampil seperti gambar di bawah.

Pada bagian “Rule Type” ada beberapa pilihan, karena kita akan memformat cell berdasarkan nilai dari cell tersebut maka kita pilih “Format only cell that contain”.
Pada bagian Rule Description ada 2 combo box. Combo box pertama berisi pilihan yang bisa digunakan untuk conditional formatting. Karena akan melakukan conditional formatting berdasarkan nilai yang ada di dalam cell maka pilih “Cell Values”. Combo box kedua menyesuaikan pilihan dari combo box pertama.  Kita pilih greater than pada combo box kedua karena kita akan melakukan conditional formatting dengan kriteria dimana nilainya lebih dari 50. Kemudian isi kotak di sebelah kanannya dengan angka 50. Seperti pada gambar di bawah.

Setelah kriteria atau rule-nya sudah ditentukan, selanjutkan kita tentukan format cell yang diinginkan, yaitu dengan klik tombol “Format”, selanjutnya  akan muncul kotak dialog Format Cells,  pada tab Font, Font Style pilih “Bold”.

Kemudian pada tab Fill, pilih warna biru.

Klik tombol OK 2 kali, maka hasilnya akan tampak seperti berikut.

Cell yang akan berubah sesuai dengan format yang sudah ditentukan, yakni untuk cell yang mempunyai nilai di atas 50 maka akan  memiliki  background warna biru dan  hurufnya menjadi tebal.
Demikian,  semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments