Friday, April 22, 2016

Menggunakan Conditional Formatting (Top Bottom Rules) pada Microsoft Excel


Setelah sebelumnya kita mengenal penggunaan Highlight Cell Rule dalam Conditional Formatting, maka selanjutnya pada artikel kali ini, kita akan mengenal pengaturan Top Bottom Rules.

Top/Bottom Rules digunakan untuk memformat cell yang berada di urutan atas atau bawah, baik secara nilai maupun prosentase, atau bisa juga memformat data sesuai dengan syarat 10 tertinggi atau 10 yang terendah sesuai dengan data yang ada.

Dengan data seperti pada contoh sebelumnya, kita akan menandai cell yang nilainya termasuk 6 besar, dengan huruf berwarna merah tebal miring (bold Italic).
Untuk langkahnya yaitu sebagai berikut :
Blok Range A1:A13, lalu klik menu Conditional Formatting, Top/Bottom Rules, More Rules.

Ada beberapa pengaturan yang sudah disediakan, jika ingin membuat rule dengan lebih leluasa maka pilih more rules. Akan muncul kotak dialog seperti di bawah.

Pada bagian “Rule Type” sudah terpilih pada pilihan “Format only top or bottom rangked value”.
Pada bagian “Rule Description” pilih “top” karena kita akan menandai cell yang memiliki nilai yang posisinya 6 besar.
Pada kotak sebelah kanan menentukan jumlah item yang dirangking, dalam hal ini isi dengan angka 6, “% of selected range” tidak dicentang karena rangking tidak berdasarkan prosentase.

Untuk pengaturan cellnya kita klik menu format, pada Font, ubah style menjadi “Bold Italic”, dan bagian color pilih warna merah.

Klik OK 2 kali maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar.

 
Tampak bahwa cell yang memiliki nilai dengan urutan 6 besar sudah berhasil kita tandai dengan huruf tebal dan berwarna merah.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments