Tuesday, February 19, 2019

Mengenal Ribbon Home pada Microsoft Office Word.



Ribbon dapat diartikan sebagai sebuah kumpulan dari beberapa menu – menu yang sudah dikelompokkan berdasarkan jenis fungsi dan golongannya masing – masing. Dengan menggunakan Ribbon, masing-masing menu dapat diakses dengan satu kali klik dan tidak perlu harus keluar masuk menu ataupun sub menu untuk menemukan fasilitas yang diperlukan. Selain itu fasilitas Ribbon ini
bisa ditampilkan atau disembunyikan sesuai selera, cukup dengan klik kanan pada salah satu ribbon, kemudian pilih Customize Ribbon, maka kita bisa mengatur ribbon – ribbon yang ingin kita tampilkan Microsoft Word.
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tab Ribbon yang pertama, yakni Tab Home.
Tab Home berisi alat atau tool standar yang digunakan untuk mengedit dokumen, seperti mengatur jenis font, copy – paste, mengatur paragraf, dan masih banyak lagi menu lainnya. Di dalam tab home terdapat tool – tool yang sudah dikelompokkan berdasarkan penggolongan fungsinya.
1.         Group Clipboard
Terdiri dari sekumpulan menu Paste (menempel hasil copy atau cut), Copy (menggandakan objek atau teks yang sudah dipilih), Cut (memotong objek atau teks yang sudah dipilih) serta Format Painter (digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya).
2.         Group Font
Menu – menu di dalam group Font khusus untuk mengatur dari tampilan huruf atau font, meliputi jenis font, ukuran font, warna font, dan lain sebagainya.
3.         Group Paragraph
sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf.

4.         Group Styles
Kelompok tool yang digunakan untuk memformat tulisan, baik untuk judul ataupun sub judul. Biasanya group ini membantu ketika dalam pembuatan daftar isi.
5.         Group Editing
Kelompok tool yang berguna untuk melakukan pencarian kata, mengganti kata atau menseleksi dokumen.
Sedikit tambahan, Tombol panah kecil yang terletak di sudut kanan bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan dari masing – masing Group.

1 comment:
Write comments