Saturday, February 23, 2019

Mengenal Ribbon Insert pada Microsoft Office Word


Setelah sebelumnya kita membahas mengenai salah satu bagian Ribbon pada Microsoft Word yakni pada tab Home, yang berisi menu – menu standar untuk mengedit dokumen. Kali ini kita memperkenalkan menu selanjutnya yakni yang terletak pada Tab Insert.

Sesuai dengan asal katanya, Insert berarti memasukkan atau menambahkan komponen – komponen lain ke dalam dokumen kerja Microsoft Word, seperti table, gambar, hyperlink, nomor halaman, dan lain sebagainya.
1.    Group Pages
Group Pages ini berisi tool untuk menambahkan halaman cover, halaman kosong atau pemisah antar halaman yang dikenal dengan page break.
2.    Group Tables
Group ini memiliki tool untuk menambahkan tabel pada dokumen kita.

3.    Group Illustrations
Group ini berisi tool untuk menambahkan gambar, objek – objek lain, grafik, hasil screen shoot, sesuai dengan kebutuhan kita.

4.    Group Links
Group ini memiliki tool yang berfungsi untuk menambahkan link ke dalam dokumen kita, apakah itu link dari website tertentu, ataupun link dari dokumen lain, atau bagian lain dari dokumen kita.

5.    Group Header & Footer
Group ini memiliki tool yang berfungsi untuk menambahkan nomor halaman, menambahkan header (area di dalam margin atas) ataupun footer (area di dalam margin bawah), serta dapat menambahkan teks atau objek pada header dan footer tersebut.

6.    Group Text
Tool dalam group ini berfungsi untuk menambahkan teks pada sebuah objek, word art, tanda tangan, dan fungsi – fungsi lain.

7.    Group Symbols
Tool dalam group ini berfungsi untuk menambahkan simbol – simbol tertentu, serta rumus – rumus lain, seperti misalnya rumus matematika.


 Demikian, semoga bermanfaat.

1 comment:
Write comments