Sunday, March 31, 2019

Menggunakan Format Painter di Ms Word


Terkadang, kita telah memformat sebuah teks sesuai dengan keinginan kita, dan kita juga ingin di lokasi lain pada sebuah dokumen menggunakan format yang sama dengan teks yang telah kita format sebelumnya, namun kita tidak ingin membuang waktu dengan melakukan
pengaturan terhadap teks tersebut. Untuk melakukan hal ini, Microsoft Word memberikan fasilitas format painter. Dimana perintah ini bertindak seperti Copy dan Paste, namun hanya formatnya saja yang disaling, bukan teksnya. Shortcut keyboard untuk melakukan Copy dan Paste format adalah [CTRL + SHIFT + C] dan [CTRL + SHIFT + V], mirip dengan Copy dan Paste teks [CTRL + C] dan [CTRL + V], hanya saja tanpa tombol [SHIFT].
Cara Copy dan Paste format ke tempat lain:
  1. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik tombol Show/Hide ¶ untuk menampilkan tanda paragraf dan simbol format tersembunyi lainnya dalam dokumen.

  2. Block teks yang formatnya ingin disalin di lokasi lain. Jika ingin menyalin format karakternya saja, maka tanda paragraf (¶) jangan disertakan. Jika ingin menyalin format paragrafnya saja, maka pilih tanda paragrafnya (¶).
  3. Untuk menyalin format, pada grup Clipboard, klik tool Format Painter,
    atau tekan tombol keyboard [CTRL + SHIFT + C].
  4. Jika tombol Format Painter yang kita gunakan, maka drag/tarik kursor mouse spesial ke sepanjang lokasi pada lokasi yang akan kita aplikasi format tersebut. Jika melakukan Copy format dengan menggunakan tombol keyboard [CTRL + SHIFT + C], blok teks yang ingin diaplikasikan dengan format tersebut, lalu tekan [CTRL + SHIFT + V].
  5. Maka hasilnya akan tampak seperti di bawah, dimana teks yang kita blok sudah memiliki format yang sama dengan kita pilih tadi.
Tips & Trik:
Jika ingin mengulangi format yang sama di beberapa tempat, klik 2x tombol Format Painter untuk tetap menjadikannya aktif/ON setelah dipakai sekali. Lalu tekan [ESC] atau klik tombol Format Painter lagi untuk menonaktifkannya. Jika Anda mengunakan shortcut keyboard, format yang disalin akan tetap tersedia sehingga kita bisa menggunakan format tersebut berulang kali hingga kita menyalin format yang lain.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments