Sunday, April 7, 2019

Menambahkan Border Dan Shading Di Word Menggunakan Menu di Ribbon


Warna background pada heading, quote atau teks penting lainnya merupakan hal yang cukup penting untuk menarik minat pembaca. Begitu juga dengan garis di bawah heading atau kotak di sekeliling teks. Untuk mengaplikasikan hal ini, kita bisa memanfaatkan menu – menu yang ada pada ribbon.

Cara menambahkan Shading dengan menggunakan tombol yang ada pada Ribbon:

  1. Blok teks atau bagian paragraf yang ingin ditambahkan Shading / warna background.
  2. Untuk menambahkan background Shading, pada tab Home, di grup Paragraph, klik tanda-panah-kebawah pada tombol Shading.
  3. Pada galeri warna Shading, arahkan ke contoh warna yang bervariasi dan perhatikan live preview pada teks yang telah Anda pilih. Jika cocok dengan satu warna, klik untuk mengaplikasikannya.
  4. Maka teks atau bagian paragraf yang kita blok tadi sudah memiliki warna background sesuai dengan warna yang kita pilih.

Cara menambahkan Border dengan menggunakan tombol yang ada pada Ribbon:


  1. Blok terlebih dahulu teks yang akan ditambahkan border.
  2. Lalu pada tab Home, pada grup Paragraph, klik tanda panah ke bawah pada tombol Borders untuk menampilkan daftar drop-down opsi Border.
  3. Arahkan pointer ke item yang ada pada daftar drop-down. Jika ada yang cocok atau dibutuhkan, klik untuk menerapkannya pada teks yang telah kita pilih.
  4. Jika ternyata yang dibutuhkan garis border lebih pada satu sisi (bukan garis untuk satu kotak penuh). Maka bisa diulangi langkah di atas.  Sebagai contoh kita akan pilih Bottom Border, setelah di klik maka akan tampak seperti di bawah, teks yang kita blok sudah ada border di bawah teks.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments