Saturday, April 17, 2021

Mengenal perbedaan antara CPU, GPU dan APU

Bagi kita yang sering berkecimpung di dunia perkomputeran, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah – istilah dalam bidang komputer, seperti CPU, GPU dan APU. Sekilas, istilah tersebut adalah sama, namun sebenarnya berbeda. Mengetahui pengertian dari masing - masing ketiga teknologi tersebut

adalah hal yang sangat penting, terutama bagi kita yang akan merakit sebuah komputer sendiri, hal tersebut tentu merupakan hal yang sangat berguna.

1.       CPU

CPU
sumber : pixabay.com

CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit, yaitu perangkat keras yang berfungsi untuk memproses data pada komputer, tugas utama dari CPU adalah menerima kemudian melaksanakan segala macam perintah dari perangkat lunak, CPU sering disebut juga dengan prosesor. Kecepatan dan kemampuan CPU biasanya diukur dari 2 hal utama, yakni banyaknya inti atau core serta kecepatan dari prosesor itu sendiri yang satuannya gigahertz (Ghz). Contohnya, misal CPU memiliki kecepatan 4 Ghz, maka CPU tersebut bisa memproses instruksi sampai 4 miliar instruksi dalam satu detik.

2.       GPU

GPU
sumber : pixabay.com

GPU merupakan singkatan dari Graphics Processing Unit, yaitu perangkat keras yang bertugas untuk memproses data – data grafis untuk selanjutnya di tampilkan di layar monitor. Data grafis yang dimaksud antara lain bermain game dengan resolusi tinggi.

3.       APU

APU merupakan singkatan dari Accelerated Processing Unit, yaitu suatu prosesor dengan kemampuan ganda, dimana didalamnya terdapat inti proses untuk CPU dan GPU yang dipisahkan oleh sebuah sirkuit. Penggunaan APU memiliki suatu keuntungan, diantaranya menjadi lebih hemat sehingga tidak perlu mengeluarkan tambahan biaya untuk membeli sebuah GPU tersendiri. Namun, kerugiannya yaitu performa dari APU ini masih kalah jika dibandingkan dengan CPU dan GPU yang terpisah. APU biasa digunakan pada sebuah laptop yang sering dibawa kemana – mana.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments