Saturday, April 3, 2021

Perbedaan antara USB 2.0 dan USB 3.0

Dalam dunia teknologi, suatu perangkat pasti mengalami suatu perkembangan, dari perangkat yang memiliki teknologi sederhana, menjadi suatu perangkat yang memiliki teknologi yang sangat canggih. Dalam sebuah perangkat komputer atau laptop, pasti tertanam di dalamnya suatu port atau perangkat

USB (Universal Serial Bus), dimana port USB ini digunakan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan perangkat lain, seperti mouse, keyboard, kamera, flashdisk, printer serta perangkat lainnya.

Komputer atau laptop keluaran lama, hampir pasti menggunakan port USB 2.0 sedangkan untuk yang terbaru, biasanya sudah menggunakan USB 3.0, namun ada juga yang menggunakan keduanya.

sumber : pixabay.com

Menurut bentuknya, USB 2.0 dan USB 3.0 memiliki bentuk yang sama, meskipun begitu, kedua jenis port tersebut tetap dapat dibedakan. Adapun untuk perbedaannya adalah sebagai berikut :

1. Warna port

Pada umumnya, USB 3.0 menggunakan isolator warna biru, sedangkan untuk USB 2.0 menggunakan warna hitam atau putih.

      2. Kecepatan transfer

USB 2.0 masih belum menggunakan teknologi transfer dua arah atau bi directional, sedangkan USB 3.0 sudah menggunakan teknologi tersebut, sehingga proses transfer data dapat berlangsung lebih cepat, yaitu dapat membaca serta menulis data secara bersamaan. Sedangkan untuk transfer rate-nya, USB 2.0 sekitar 480 Mbits/s, sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan USB 3.0 yang dapat mencapai 3200 Mbits/s.

3. Power

USB 3.0 sudah didukung dengan teknologi recharging agar dapat menghemat energi listrik, yaitu dengan tegangan 4V dengan arus 150 mA. Sedangkan untuk USB 2.0 masih memiliki power yang standar.

4. Bentuk Fisik

Walaupun tampak serupa, namun jika dilihat lebih seksama, bentuk fisik antara USB 3.0 dan 2.0 sebenarnya berbeda. USB 2.0 memiliki 5 jalur kabel, sedangkan USB 3.0 memiliki 9 jalur kabel.

5. Kompatibilitas perangkat

Dalam hal kompatibilitas terhadap perangkat, perangkat yang memiliki port USB 3.0 tidak dapat dipasang pada port USB 2.0, namun untuk port USB 3.0 dapat dipasangkan dengan perangkat yang memiliki port USB 2.0. akan tetapi, perangkat dengan USB 2.0 walaupun terhubung dengan port USB 3.0 kecepatan dan performanya sesuai dengan performasi dari USB 2.0.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments