Wednesday, April 28, 2021

Mengenal tentang LIFI dan perbedaannya dengan WIFI

Hingga saat ini, WIFI merupakan suatu teknologi layanan jaringan nirkabel yang sangat populer dan paling mudah digunakan. Namun, di masa mendatang kemungkinan Wifi akan digantikan oleh teknologi lain yang mungkin lebih cepat dan lebih aman yang disebut dengan LIFI.

LIFI (Light Fidelity) merupakan teknologi komunikasi tanpa kabel dua arah yang berkecepatan tinggi yang menggunakan gelombang cahaya sebagai media penghantar. LIFI bekerja dengan prinsip VLC (Visible Light Communication) yang menggunakan LED pada ujung penerima signal.

sumber : pixabay.com

Berikut adalah beberapa perbedaan antara teknologi dari WIFI dan LIFI :

sumber : pixabay.com

1. Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer data dari jaringan WIFI sekitar 150 Mbps hingga sekitar 2Gbps, sedangkan untuk jaringan LIFI sekitar 1 Gbps.

2. Jangkauan

Jarak yang bisa dijangkau oleh WIFI bervariasi, dimana hal ini berdasarkan pada daya antenanya yakni sekitar 32 meter, sedangkan untuk LIFI hanya sekitar 10 meter.

3.. Kekuatan Sinyal

WIFI dapat melewati tembok sehingga jangkauannya lebih luas, namun LIFI tidak bisa melewati tembok sehingga jangkauannya juga lebih sempit. Sinyal LIFI dipengaruhi juga oleh sinar matahari, sehingga pada siang hari yang cerah tidak dapat digunakan.

4. Perangkat

WIFI memerlukan perangkat seperti acces points atau router untuk menghantarkan sinyal, sedangkan LIFI tidak memerlukan peripheral.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments