Monday, July 5, 2021

Perbedaan antara UPS dan Stavolt

Ketika ingin membeli atau merakit sebuah komputer, salah satu komponen yang jarang kita dipikirkan adalah suatu perangkat yang bisa menjaga kesehatan komputer kita dari bahaya tegangan listrik yang tidak stabil atau potensi kehilangan daya listrik secara tiba – tiba akibat listrik padam atau sebab

lainnya. Perangkat tersebut yaitu Stabilizer Voltage atau yang biasa disebut dengan Stavolt dan Uninteruptible Power Supply) atau UPS. 
UPS. sumber : pixabay.com

Pengertian sederhana dari Stavolt yaitu suatu alat yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik sebelum listrik tersebut  masuk ke perangkat listrik kita. Sedangkan UPS merupakan suatu perangkat yang dilengkapi dengan sebuah baterai untuk menyimpan suatu daya listrik, sehingga ketika aliran listrik terhenti maka daya listrik yang tersimpan pada UPS tersebut dapat memasok listrik pada perangkat tersebut sementara waktu.

Walaupun sama – sama bekerja untuk menjaga energi listrik yang diterima komputer tetap dalam kondisi baik, agar perangkat atau komponen dalam komputer seperti motherboard, VGA, RAM, power supply tidak cepat rusak akibat tegangan listrik yang tidak stabil, namun kedua perangkat merupakan perangkat yang berbeda.

Adapun perbedaan dari kedua perangkat tersebut yaitu :

1. Ketersediaan baterai

UPS memiliki baterai untuk menyimpan sumber energy, dimana ketika aliran listrik terhenti maka baterai tersebut dapat memasok energy sementara waktu ke perangkat kita sehingga alat listrik kita bisa terus bekerja tanpa kehilangan daya. Sedangkan stavolt tidak memiliki baterai karena hanya bersifat menstabilkan tergangan.

2. Kemampuan memasok energy listrik

Karena UPS memiliki baterai dalam tubuhnya sebagai cadangan energy , maka ketika listrik utama mati maka perangkat dapat terus menyala sementara waktu, sedangkan pada stavolt, jika listrik utama mati maka perangkat juga ikut mati.

3. Harga

UPS memiliki harga yang cenderung lebih mahal daripada stavolt.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments