Wednesday, July 28, 2021

Ingin berlangganan internet, sebaiknya kenali dulu perbedaan MBps dan Mpbs

Ketika akan berlangganan sebuah layanan internet, hal yang paling utama jadi bahan pertimbangan adalah soal kecepatan dan harga yang ditawarkan, bisa jadi ada perbedaan kecepatan yang ditawarkan oleh provider lain, dengan kisaran harga yang hampir sama.

Biasanya, pada suatu brosur atau sarana promosi lain, pasti kita tidak menyadari adanya perbedaan penulisan satu kecepatan internet yang ditawarkan, yaitu antara MBps dan Mbps. Mungkin di antara ada yang menganggap bahwa hal tersebut merupakan kesalahana atau perbedaan gaya penulisan saja, namun sebenarnya MBps dan Mbps memiliki makna yang berbeda. MBps merupakan singkatan dari Megabyte per second atau per detik, sedangkan Mbps adalah Megabit per second.


Faktanya, bit ukurannya lebih kecil dari byte, yakni 8 bit sama dengan 1 byte. Sehingga bisa diartikan Megabyte (MB) memiliki ukuran delapan kali lipat lebih besar daripada Megabit (Mb). Kesimpulannya, data dengan ukuran 8Mb sama dengan 1MB.

Sebagai contoh, Provider A menawarkan koneksi internet dengan kecepatan 8Mbps, artinya provider tersebut menawarkan kecepatan hingga 1MBps. Sedangkan Provider B, menawarkan kecepatan 8MBps. Jika dibandingkan, maka Provider B menawarkan koneksi internet yang jauh lebih cepat daripada Provider A.

Oleh karena itu, ketika akan berlangganan paket internet, alangkah lebih baik jika kita jeli melihat satuan dari kecepatan yang ditawarkan, karena biasanya perbedaan antara MBps dan Mbps ini digunakan oleh provider untuk memikat calon pelanggan yang masih awam terhadap perbedaan ini.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments