Thursday, July 22, 2021

Perintah – perintah sederhana yang dapat diakses melalui fitur Windows Run

Windows Run merupakan salah satu tool yang cukup penting, fitur ini sering kali kita gunakan untuk mengeksekusi perintah – perintah tertentu dengan cara cepat. Dengan menggunakan fitur “Run” ini kita bisa dengan cepat untuk mengeksekusi suatu perintah, karena tentunya akan memakan waktu yang

lebih lama jika mengeklik perintah – perintah satu per satu.

Untuk mengaktifkan Windows Run, kita bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard “Windows + R”. Maka akan tampil jendela run seperti berikut :


Selanjutnya, kita bisa mengetikkan perintah yang dikehendaki, berikut adalah beberapa perintah yang bisa kita terapkan :

1.    %programfiles%

Kita gunakan perintah ini untuk langsung masuk ke folder Program Files

2.    %userprofile%

Perintah untuk langsung masuk ke folder profil pengguna

3.    control

perintah yang berguna untuk langsung masuk ke menu Control Panel

4.    cleanmgr

perintah untuk masuk ke menu Disk Clean Up, sehingga kita bisa membersihkan file – file sampah, seperti file pada Recycle Bin serta file temporary

5.    compmgmt.msc

perintah untuk membuka menu Computer Management

6.    firewall.cpl

perintah untuk membuka menu Windows Firewall pada Control Panel, disini kita kita melakukan pengaturan terhadap firewall dari komputer kita, apakah akan diaktifkan atau dinonaktifkan.

7.    msinfo32

untuk membuka jendela System Information, disini kita bisa melihat spesifikasi dari komputer kita, yang meliputi Sistem Operasi, Prosessor dan perangkat lainnnya.

8.    osk

OSK merupakan kependekan dari “On Screen Keyboard”, melalui perintah ini, kita bisa menampilkan On Screen Keyboard.

9.    fonts

untuk membuka folder “Fonts”, pada folder ini kita bisa menambahkan jenis – jenis fonts yang telah kita download sebelumnya.

10. msconfig

Perintah ini kita gunakan apabila ingin melakukan beberapa pengaturan seperti mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa aplikasi yang berjalan, seperti start up, service atau juga boot.

11. winver

Untuk melihat versi windows yang digunakan pada PC kita

12. cmd

Untuk menampilkan jendela command prompt

13. dxdiag

Untuk menampilkan jendela DirectX Diagnostic Tool, yang berisi tentang spesifikasi perangkat yang terpasang pada PC kita.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments