Thursday, December 17, 2015

Belajar Format Cell untuk mengatur Font / Huruf pada Microsoft Excel

Selanjutnya kita akan mengatur / memformat Font / Huruf dengan memanfatkan menu Format Cell.
Untuk melakukan format cell Font, maka dapat kita lakukan dengan cara pilih / klik cell atau range yang akan di format, kemudian klik kanan, pada pilihan menu yang tampil, pilih format cell, klik tab Font, maka akan tampil seperti gambar di bawah :

Melalui tab font ini, memungkinkan kita untuk bisa mengatur huruf - huruf yang ada pada setiap cell sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita, mulai dari pengaturan jenis font, font style, font color, font effectc dan underline.

  1. Jenis font yang bisa digunakan adalah jenis font yang sudah terpasang di komputer kita.
  2. Font Style, untuk mengatur style dari huruf, yakni regular (default), italic (miring), bold (tebal) atau bold italic (tebal dan miring)
  3. Font size digunakan untuk mengubah ukuran huruf, dari 8 hingga paling besar 72, apabila ukuran font yang diinginkan tidak tersedia maka kita bisa langsung mengetikkan ukurannya di bawah tulisan "Size".
  4. Font color digunakan untuk mengubah warna font, secara default text akan berwarna hitam
  5. Underline, digunakan untuk memberikan efek garis bawah
  6. Font effect ada 3 macam, yaitu strikethought, memberikan efek coretan pada text, ada garis di tengah huruf, superscript digunakan untuk membuat font menjadi lebih kecil dan posisi lebih atas dari posisi biasanya, sedangkan subscript membuat font menjadi lebih kecil namun menjadi lebih ke bawah dari posisi normal.
Berikut adalah contoh dari penggunakan format cell.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments