Tuesday, May 21, 2019

Memasukkan, Cut, Copy, Dan Paste Teks Pada Slide Di PowerPoint


Setelah kita memasukkan slide baru dan sudah memilih layoutnya ke dalam presentasi kita. Selanjutnya kita bisa mulai untuk memasukkan text sebagai konten dari presentasi tersebut. Hal itu tentu kita lakukan pada Normal View. Untuk berpindah pada slide lainnya, klik
thumbnail dari slide pada panel yang terletak di sebelah kiri. Jika placeholder kosong (belum ada teks yang dimasukkan), maka yang ditampilkan hanya contoh teks seperti “Click To Add Title”.
Cara memasukkan teks ke slide:
  1. Klik pada placeholder title.
  2. Ketikkan teks yang akan dimasukkan. Jika sudah selesai mengetik, klik dimana saja diluar placeholder.
  3. Untuk mengisi teks pada placeholder konten, klik pada placeholder konten, lalu ketikkan satu baris teks, selanjutnya tekan tombol Enter pada keyboard. Ulangi lagi langkah tersebut untuk menambahkan baris teks sesuai dengan isi konten. PowerPoint menambahkan bullet secara otomatis sesuai dengan tema yang diterapkan.
Cara Cut, Copy, dan Paste teks ke slide:
  1. Klik pada placeholder yang ingin disalin, atau blok teks untuk memilih teks di dalam placeholder jika hanya ingin menyalin teksnya saja (buka placeholder).
  2. Pada Ribbon, klik tab Home.
  3. Pada grup Clipboard, klik Cut atau Copy.
  4. Klik lokasi dimana Anda ingin meletakkan teks.
  5. Klik Paste.
  6. Teks akan tercopy sesuai lokasi yang kita klik / pilih sebelumnya.
Tambahan
·         Kita bisa mengubah style bullet yang dimasukkan pada placeholder konten. Yaitu dengan cara pada tab Home, di grup Paragraph, klik tanda panah bawah pada tombol Bullets, lalu pada galeri yang tampil pilih style lain, atau klik Bullets And Numbering yang ada pada bagian bawah galeri untuk mengatur dan menyesuaikan style bullet.
·         Jika tanda panah bawah pada tombol Paste Options diklik, akan tampil menu pilihan untuk paste, yaitu apakah tetap menggunakan format asli teks yang disalin, menggunakan format tujuan, atau menyalin teks dengan format special.
·         Pada PowerPoint kita tidak terbatas hanya Cut dan Copy teks pada slide yang sama, melainkan bisa dari slide lain pada presentasi yang sama, atau bahkan dari file presentasi lain. Untuk berpindah Window dengan file presentasi lain, kita bisa menggunakan Taskbar Windows atau tombol Switch Windows yang ada di grup Window pada tab View.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments