Thursday, May 9, 2019

Mengenal Tampilan Awal Ms PowerPoint

Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau lebih dikenal dengan PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk keperluan mendukung kegiatan presentasi.
Kehadiran PowerPoint dinilai menggantian cara presentasi kuno yaitu dengan proyektor atau yang dikenal dengan OHP (Over Head Projektor). Dengan adanya PowerPoint, membuat presentasi menjadi lebih mudah karena fitur yang disediakan sangat canggih dan menarik. Microsoft PowerPoint juga menyediakan template dan animasi untuk memperindah presentasi kita.
Di bawah ini adalah tampilan dari PowerPoint standar. Perlu kita pahami agar penggunaannya nanti menjadi lebih mudah.



Pada tab file ini terdapat menu – menu backstage yang pada dasarnya difungsikan untuk mengelola file, seperti menyimpan file, membuka file yang sudah ada, membuat presentasi baru, dan fungsi – fungsi lainnya. 

Ribbon
Berisi perintah – perintah untuk mengolah file presentasi menjadi lebih baik, menarik dan unik. Ribbon terdiri dari 3 komponen, yakni :
1.    Tab
Berada pada bagian atas Ribbon dan berisi perintah yang sudah dikelompokkan berdasarkan fungsi – fungsi yang terkait. Home, Insert, Page Layout adalah contoh tab ribbon.
2.    Grup
Merupakan pengelompokkan ribbon berdasarkan perintah / kegunaan yang terkait. Dimana setiap grup di bawah masing – masing ribbon.
3.    Perintah
Perintah yang ada pada setiap grup.

Title Bar
Berada pada bagian atas jendela aplikasi, yang menunjukkan nama file yang sedang dibuka dan diikuti oleh nama program yang dalam hal ini adalah Microsoft PowerPoint, apabila belum diberi nama maka akan tampil nama file untitled.

Slide Area
Menunjukkan area dimana isi slide akan dibuat dan diedit.

Tombol Help (Bantuan)
Melalui tombol help ini kita dapat membuka jendela Bantuan PowerPoint, dimana pada jendela tersebut kita dapat mencari informasi yang kita butuhkan.

Zoom Options
Pada menu ini kita dapat memperbesar tampilan sehingga tampak lebih dekat. Control zoom terdiri dari slider yang bisa digeser ke kiri atau ke kanan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan. Selain itu, kita juga bisa mengklik tombol (-) dan (+) untuk menambah atau mengurangi zoom. Zoom maksimum yang didukung oleh PowerPoint adalah 400%.

Slide Views
Terdapat 4 pilihan untuk mengubah tampilan slide, yaitu tampilan layout normal, slide sorter, reading view serta slide show.

Notes Section
Pada bagian ini, kita dapat menambahkan catatan untuk bahan presentasi, dimana catatan ini tidak ditampilkan di layar ketika presentasi.

Quick Access Toolbar
Berisi perintah – perintah yang sering digunakan sehingga bisa lebih mudah dan cepat dalam menjalan perintah tersebut. Kita juga dapat menempatkan dan mengatur perintah – perintah apa saja yang kita tempatkan pada Quick Access Toolbar.

Slide Tab
Berisi semua slide secara berurutan. Dimana kita dapat menambahkan, menghapus dan menyusun ulang slide pada bagian ini. Namun, bagian ini hanya tersedia pada tampilan Layout Normal.

Demikian, semoga bermanfaat.


1 comment:
Write comments