Saturday, May 11, 2019

Mengenal Ribbon Home pada Microsoft Office PowerPoint


Ribbon merupakan kumpulan dari menu – menu yang dikelompokkan berdasarkan fungsi dan golongannya masing – masing. Melalui Ribbon, masing – masing menu dapat diakses dengan satu kali klik dan tidak perlu harus masuk dari satu menu ke menu lainnya untuk menemukan fitur yang
diperlukan. Selain itu, ribbon ini juga dapat ditampilkan atau disembunyikan sesuai kebutuhan, yaitu dengan klik kanan pada satu ribbon lalu pilih Customize Ribbon, lalu kita bisa mengatur ribbon – ribbon yang ingin ditampilkan pada Microsoft PowerPoint.
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tab Ribbon yang pertama, yakni Tab Home. Tab Home berfungsi untuk menyunting tampilan isi slide presentasi, dan pada Tab home ini, terdiri dari 6 toolgroup, yaitu: Clipboard, Slides, Font, Paragraph, Drawing dan Editing.

1.    Group Clipboard
Terdiri dari sekumpulan menu yakni Paste (menempel hasil copy atau cut), Copy (menggandakan objek atau teks yang sudah dipilih), Cut (memotong objek atau teks yang sudah dipilih) serta Format Painter (digunakan untuk meniru format dari suatu teks).

2.    Group Slides
Pada toolgroup slide, terdapat 4 tombol, yaitu New Slide (berfungsi membuat slide baru), Layout (berfungsi memilih tampilan layout), Reset (berfungsi mengembalikan tampilan layout seperti semula),Section (berfungsi mengelola slide agar lebih mudah untuk mengindentifikasi).

3.    Group Font
Menu – menu di dalam group Font khusus untuk mengatur dari tampilan huruf atau font, meliputi jenis font, ukuran font, warna font, dan lain sebagainya.

4.    Group Paragraph
Sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf.

5.    Group Drawing
Berfungsi untuk menambahkan objek shapes pada presentasi sekaligus melakukan pengaturan pada objek tersebut.

6.    Group Editing
Pada toolgroup editing, terdapat 3 menu, yaitu: Find (berfungsi mencari teks dalam sebuah file),  Replace (berfungsi mengganti teks dengan teks lainnya pada dokumen) serta Select (berfungsi memilih teks atau objek dalam dokumen)

Demikian, semoga bermaanfaat.

No comments:
Write comments