Wednesday, March 16, 2016

Mengenal Fungsi DAY, MONTH, YEAR dan DATE pada Microsoft Excel

Ketika kita menggunakan Microsoft Excel maka penggunaan rumus atau fungsi merupakan hal yang biasa dalam Microsoft Excel, karena memang Excel memang didesain khusus untuk melakukan perhitungan - perhitungan, termasuk juga dalam mendefinisikan data dalam bentuk tanggal. Untuk menuliskan secara manual tentu akan memerlukan waktu yang sangat panjang, untuk menuliskan data tanggal Microsoft Excel telah menyediakan fungsi - fungsi tersebut, yakni fungsi Day, Month, Year dan Date.

Fungsi DAY, MONTH, YEAR dan DATE

  1. Fungsi DAY
Fungsi DAY digunakan untuk mencari angka dari suatu hari tanpa menampilkan bulan dan tahun dari data tersebut, data dituliskan dalam angka 1-31 dari type data DATE.
Syntax : DAY(serial_number)


Serial Number disini adalah data tanggal yang akan dicari angka tanggalnya.
Gambar di atas merupakan contoh dari penggunaan fungsi DAY, dimana pada Kolom G tampil angka - angka tanggal dari data bertype DATE yang terletak di kolom F.

  1. Fungsi MONTH
Fungsi MONTH digunakan untuk mencari angka dari suatu bulan tanpa menampilkan tanggal dan tahun dari data tersebut, data dituliskan dalam angka 1-12 dari type data DATE.
Syntax : MONTH(serial_number)
serial number adalah data tanggal yang akan dicari angka bulannya.
Gambar di atas menunjukkan contoh dari penggunaan fungsi MONTH, dimana dari data type DATE yang terletak di kolom F diuraikan menjadi angka 1 – 12 yang hasilnya tampak pada kolom H.

  1. Fungsi YEAR
Fungsi YEAR digunakan untuk mencari angka tahun yang ditampilkan dengan angka 1900 s/d 9999 dari data yang bertype DATE.
Syntax : YEAR(serial_number)
serial number adalah data tanggal yang akan dicari angka tahunnya. 
Gambar di atas menunjukkan contoh dari penggunaan fungsi YEAR,dimana dari data type DATE yang terletak di kolom F diuraikan menjadi angka 1900 s/d 9999 yang hasilnya tampak pada kolom I.

  1. Fungsi DATE
Fungsi DATE digunakan untuk menampilkan data dengan type DATE dengan memasukkan angka tahun, bulan dan hari. Fungsi DATE merupakan kebalikan dari fungsi DAY, MONTH dan YEAR yang telah dijelaskan di atas, dimana ketiga fungsi berfungsi menguraikan hari, bulan dan tahun dari data type DATE.
Syntax : DATE(year,month,day)

Tampak pada gambar diatas merupakan hasil dari fungsi DATE dimana data diletakkan pada kolom D. Data year (kolom A), month (kolom B) dan day (kolom C) dalam bentuk angka digabung dengan fungsi DATE menjadi data dalam bentuk type DATE.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments