Tuesday, March 8, 2016

Berkenalan dengan Formula dan Fungsi pada Microsoft Excel



Formula merupakan rumus - rumus yang digunakan untuk mencari suatu nilai dari sebuah cell, sedangkan fungsi merupakan formula - formula yang sudah ada pada Excel untuk memudahkan penggunanya.

  1. Formula Sederhana
Ketika kita akan menggunakan formula, maka harus diawali dengan tanda “=” (sama dengan). Berikut adalah contoh formula sederhana, yakni penambahan (menggunakan tanda “+”), pengurangan (menggunakan tanda “-“), perkalian (menggunakan tanda “*”) serta pembagian menggunakan tanda “/”.



Untuk operasi penambahan letakkan kursor di Cell B4, kemudian ketikkan “=B1+B2”, kemudian enter.
Untuk operasi  pengurangan letakkan kursor di Cell B5, kemudian ketikkan “=B1-B2”, kemudian enter.
Untuk operasi perkalian letakkan kursor di Cell B6, kemudian ketikkan “=B1*B2”, kemudian enter. Untuk operasi pembagian letakkan kursor di Cell B7, kemudian ketikkan “=B1/B2”, kemudian enter. Sebagai catatan, masing – masing formula di atas diketik tanpa menggunakan tanda petik. Berikut hasilnya seperti tampak pada gambar berikut.



  1. Edit Formula
Untuk mengubah formula yang telah kita bisa buat, klik cell yang berisi formula, kemudian tekan F2 atau double klik, maka formula penyusun akan tampil.



Pada gambar di atas, tampak formula yang di cell B4 yang merupakan formula operasi penambahan. Tampil isi formula dimana cell – cell yang terlibat akan ditandai.

  1. Copy Formula
Sebuah formula juga dapat dicopy seperti data lainnya, namun jika formula dicopy maka alamat cell penyusun formula akan berubah menyesuaikan dengan lokasi alamat cell.



Cell B4 yang berisikan formula yang menghitung cell B1 dan B2 akan dicopy dan diletakkan di Cell C4 – I4. Letakkan kursor di Cell B4 kemudikan lakukan Copy (Ctrl + C), kemudian blok range C4:I4, kemudian paste (Ctrl  + V). Maka hasilnya tampak seperti di bawah.



Data di C4 merupakan merupakan hasil dari penambahan dari cell C1 dan C2, begitupun juga dengan data di Cell D4 yang merupakan hasil dari penambahan dari Cell D1 dan D2. Jika sebuah cell yang berisi formula di copy maka yang dicopy adalah formulanya bukan nilai dari cell tersebut.
Lakukan hal yang sama untuk cell B5, B6 dan B7, maka hasilnya akan tampak seperti gambar berikut.


  1. Paste Special
Jika menggunakan fitur copy biasa, maka yang tersalin adalah formulanya, namun jika kita ingin yang tersalin adalah nilainya maka kita bisa menggunakan “Paste Special”. Misal ingin menyalin nilai dari range A4:I7, maka blok range A4:I7 kemudian lakukan copy (Ctrl+C), lalu letakkan kursor di cell A9, klik kanan kemudian pilih Paste Special, maka akan muncul kotak dialog Paste Special seperti dibawah.



Kemudian pilih Values, dan klik OK, maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah.

Klik pada cell hasil salinan, lalu lihat pada bagian Formula Bar, maka tampak bahwa hasilnya hanya text atau angka saja, tidak ada formula di dalamnya.
Demikian, semoga bermanfaat.




No comments:
Write comments