Wednesday, March 16, 2016

Mengenal Fungsi Second, Minute, Hour dan Time pada Microsoft Excel



Setelah sebelumnya kita sudah mengenal fungsi dasar dalam pengoperasian data tanggal pada Microsoft Excel, maka selanjutnya kali ini kita mengenal tentang fungsi dasar dalam pengoperasional data waktu. Yakni fungsi Second, Minute, Hour dan Time.


1.     Fungsi SECOND
Fungsi Second digunakan untuk menampilkan data yang berupa detik yang ditampilkan dalam angka 0-59 dari data dengan type TIME.
Syntax : SECOND(serial_number)

Gambar di atas merupakan contoh dari penggunaan fungsi SECOND dimana dari data type TIME di kolom A diuraikan menghasilkan angka detik di kolom B antara 0-59.
2.     Fungsi MINUTE
Fungsi  MINUTE digunakan untuk menampilkan data yang berupa menit yang ditampilkan dalam angka 0-59 dari data dengan type TIME.
Syntax : MINUTE(serial_number)

Gambar di atas merupakan contoh dari pemakaian fungsi MINUTE dimana dari data type TIME di kolom A diuraikan menghasilkan angka menit di kolom C antara 0-59.
3.     Fungsi HOUR
Fungsi  HOUR digunakan untuk mencari data yang berupa jam yang ditampilkan dalam angka 0-24 dari data dengan type TIME.
Syntax : HOUR(serial_number)

Gambar di atas adalah contoh dari pemakaian fungsi HOUR dimana dari data type TIME di kolom A diuraikan menghasilkan angka jam di kolom D antara 0-23.
4.     Fungsi TIME
Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan data yang bertype TIME dengan memasukkan angka jam, menit dan detik. Fungsi Time merupakan kebalikan dari fungsi SECOND, MINUTE serta HOUR yang menguraikan data type TIME menjadi detik, menit dan jam.
Syntax : TIME(second,minute,hour)

Gambar di atas adalah hasil dari fungsi TIME, dimana data hour (kolom D), minute (kolom C) dan second (kolom B) dalam bentuk angka digabung menjadi satu menjadi data dengan type TIME menggunakan fungsi TIME.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments