Monday, March 21, 2016

Mengenal Fungsi TRIM, EXACT, LOWER, UPPER dan PROPER pada Microsoft Excel

Selanjutnya kita akan mempelajari tentang beberapa fungsi lanjutan untuk mengolah text pada Microsoft Excel, yakni fungsi Trim, Exact, Lower, Upper serta Proper.

Fungsi TRIM
Fungsi TRIM digunakan untuk menghilangkan semua spasi, baik spasi yang ada di depan, di belakang maupun ditengah dari teks, namun untuk spasi yang memisahkan 2 buah kata tidak dihilangkan.

Syntax : TRIM(text)

Gambar di atas merupakan penggunaan dari fungsi Trim, yang menghilangkan spasi dimanapun lokasinya, kecuali yang digunakan untuk pemisah diantara dua kata.

Fungsi EXACT
Fungsi Exact berfungsi untuk membandingkan kata - kata dimana syarat dari perbandingan ini bersifat bersifat case sensitive (memperhitungkan besar dan kecilnya huruf), jika sama akan menghasilkan TRUE namun jika berbeda akan menghasilkan FALSE. Fungsi Exact ini hanya membandingkan besar kecilnya huruf, untuk format huruf lainnya diabaikan.
Syntax : EXACT(text1,text2)  
Pada gambar di atas tampak bahwa jika kedua kata berbeda huruf besar dan kecilnya akan menghasilkan nilai FALSE, namun jika besar kecilnya huruf sama namun formatnya berbeda akan menghasilkan nilai TRUE.

Fungsi LOWER
Fungsi LOWER digunakan untuk mengubah semua text menjadi huruf kecil semua.
Syntax : LOWER(text)

Fungsi UPPER
Fungsi UPPER digunakan untuk mengubah semua text menjadi huruf besar semua.
Syntax : UPPER(text)

Fungsi PROPER
Fungsi PROPER digunakan untuk mengubah karakter atau huruf pertama dari setiap kata menjadi huruf besar dan sisanya menjadi huruf kecil.
Syntax : PROPER(text)
Pada gambar di bawah, adalah contoh dari penggunaan  fungsi Lower, Upper dan Proper.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments