Monday, March 14, 2016

Belajar Fungsi IF pada Microsoft Office

Fungsi IF merupakan salah satu fungsi yang termasuk dalam kategori logika, yang berfungsi untuk memanggil suatu nilai jika kondisi yang kita tentukan bernilai TRUE atau benar serta memanggil nilai yang lain apabila kondisi
yang telah kita tentukan sebelumnya bernilai FALSE atau salah.
RUMUS :
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
dimana pada rumus di atas penulisannya tidak boleh terbalik, yakni value_if_true harus berada di depan sebelum value_if_false.
Adapun contoh penggunaan dari fungsi IF adalah :
1. =if(5<3,true,false)
jika formula tersebut kita tuliskan, maka akan menghasilkan nilai FALSE karena pernyataan tersebut bernilai salah, sebab 5 pasti lebih besar daripada 3, hasilnya seperti pada gambar berikut.


Akan tetapi apabila penulisaanya terbalik menjadi "=if(5<3,false,true), maka menghasilkan nilai TRUE padahal sebenarnya pernyataan 5<3 seharusnya bernilai salah atau FALSE, hasilnya terlihat pada gambar di bawah.

Oleh karena itu urutan penulisan formula IF harus benar dan tidak boleh terbalik.

2. Jika kita menulis formula IF tanpa diikuti sebuah nilai tertentu, maka hanya akan menghasilkan nilai 1 atau 0, nilai 1 jika TRUE dan nilai 0 jika FALSE. Sebagai contoh kita menuliskan rumus =IF(6<2;;), maka akan menghasilkan nilai 0 karena pernyataan tersebut adalah pernyataan yang salah.

3. Salah satu penggunaan IF adalah bisa digunakan untuk fungsi yang memiliki banyak kondisi atau di sebut IF bersarang atau nested IF. Pada excel, kita bisa menggunakan 64 fungsi IF sekaligus. Misal ada data sebagai berikut.
Kita akan mengubah nilai yang berupa angka yang ada di range C4:C10 menjadi nilai berupa huruf yang diletakkan di range D4:D10 sesuai dengan kriteria yang dapat kita lihat pada range G3:H8. Maka letakkan kursor pada cell D4, kemudian ketik =IF(C4>89;"A";IF(C4>79;"B";IF(C4>69;"C";IF(C4>59;"D";"E")))), setelah itu copykan rumus tersebut ke cell D5 hingga cell D10, maka range D4:10 sudah terisi nilai yang berupa huruf yang berdasarkan pada nilai yang berupa angka dari range C4:C10 seperti pada gambar.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments