Wednesday, March 16, 2016

Mengenal fungsi WEEKDAY, WEEKNUM, NETWORKDAYS dan WORKDAY pada Microsoft Excel

Setelah sebelumnya kita mempelajari tentang Fungsi Time serta Fungsi Date, maka selanjutnya kita akan mencoba mengenal dengan fungsi - fungsi yang berkaitan dengan pengelolaan hari, yaitu Fungsi Weekday, Weeknum, Networkdays serta Workday.

1.       Fungsi WEEKDAY
Fungsi WEEKDAY berfungsi untuk mencari hari ke – n yang ditampilkan dengan angka 1-7 dalam satu minggu.
Syntax : WEEKDAY(serial_number;return_type)

Gambar di atas merupakan hasil dari fungsi WEEKDAY untuk tanggal 15 Maret 2016 yang menghasilkan angka 3 sehingga dapat diartikan bahwa tanggal 15 Maret 2016 adalah hari ke – 3 atau hari Selasa.

2.       Fungsi WEEKNUM
Fungsi Weeknum berfungsi untuk mencari minggu ke – n yang ditampilkan dalam angka 1 – 53 untuk kurun waktu satu tahun.
Syntax : WEEKNUM(serial_num,return_type)

Gambar di atas merupakan hasil dari fungsi WEEKNUM untuk tanggal 15 Maret 2016 yang menghasilkan angka 12 sehingga dapat diartikan bahwa berarti tanggal 15 Maret 2016 adalah minggu ke – 12 yang dihitung dari awal tahun.

3.       Fungsi NETWORKDAYS
Fungsi NETWORKDAYS berfungsi untuk mencari jumlah hari kerja di antara dua tanggal, hari kerja disini yang dihitung adalah hari Senin sampai Jum'at sehingga hari Sabtu dan Minggu tidak termasuk dalam hitungan.
Syntax : NETWORKDAYS(start_date,end_date,holidays)

Gambar diatas adalah contoh dari penggunaan fungsi networkdays, dimana kita akan mencari jumlah hari kerja dari tanggal 11 September 2011 sampai dengan 16 Maret 2016.

4.       Fungsi WORKDAY
Fungsi WORKDAY berfungsi untuk mencari tanggal dengan memasukkan jumlah hari kerja, tangga awal dimana hari Sabtu dan Minggu tidak dihitung.
Syntax : WORKDAY(start_date,days,holidays)
Sebagai contoh, jika kita mulai bekerja pada 1 April 2012, maka tanggal berapakah saat dia telah bekerja selama 2000 hari?

Seperti tampak pada gambar diatas, bahwa hasilnya adalah 12 Juli 2019.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments