Saturday, August 17, 2019

Cara Membedakan RAM DDR 1, DDR 2, DDR 3 dengan Sangat Mudah



Di era digital seperti sekarang ini, perkembangan teknologi mempermudah manusia untuk melakukan pekerjaannya. Salah satunya yaitu laptop dan PC, banyak laptop dan PC yang semakin bermunculan dengan
spesifikasi yang bermacam – macam. Mulai dari spesifikasi yang biasa hingga yang terbaik. Oleh karena itu,  agar sesuai dengan kebutuhan kita, kita harus mengetahui spesifikasi dari PC atau laptop yang akan kita beli.
Salah satu komponen yang memegang peranan penting dari performa sebuah PC atau laptop adalah RAM (Random Access Memory). RAM yaitu suatu memori tempat penyimpanan data sementara, ketika saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak (random). Fungsi RAM adalah mempercepat pemrosesan data pada PC atau computer. RAM sendiri ada beberapa macam, mulai dari DRAM, EDO RAM, SD RAM, hingga saat ini ada DDR RAM.
Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara membedakan DDR 1, DDR 2, dan juga DDR 3.

1. Dilihat dari Jam atau Kecepatan Baca RAM

Salah satu cara untuk membedakan RAM DDR 1, DDR 2 dan DDR 3 yaitu dengan melihat jam atau kecepatan baca dari RAM. Dan berikut merupakan spesifikasi DDR RAM yang lengkap :
  • RAM DDR 1 mempunyai sebuah nomor seri seperti PC100 dan memiliki kecepatan sebesar 266 MHZ, pada nomor seri PC2700 memiliki kecepatan sebesar 333 MHz, dan pada nomor seri PC3200 memiliki kecepatan sebesar 400 MHz.
  • RAM DDR 2 mempunyai sebuah nomor seri seperti PC4200 dan memiliki kecepatan sebesar 533 MHZ, pada nomor seri PC5300 memiliki kecepatan sebesar 667 MHz, dan pada nomor seri PC6400 memiliki kecepatan sebesar 800 MHz.
  • Dan terakhir pada RAM DDR 3 mempunyai kecepatan yang lebih bervariasi sesuai dengan nomor serinya, yaitu diantara 400 sampai dengan 1066 MHz.
Jika dilihat dari kecepatannya tersebut, sudah dipastikan RAM DDR3 memiliki kecepatan untuk membaca data lebih tinggi dibandingkan dengan DDR sebelumnya.

2. Dilihat dari Bungkusnya

Secara umum, produsen memory telah memasangkan tipe dari RAM yang mereka jual, sehingga kita tidak perlu lagi memeriksanya. Biasanya tipe RAM keterangan tipe RAM sudah tertera pada bungkusnya. Apakah tipe DDR 1, DDR 2 atau DDR 3.


3. Dilihat Berdasarkan Kondisi Fisiknya

Jika dilihat dari kondisi fisiknya, DDR RAM mempunyai socket pada bagian bawahnya. Tempat atau lokasi socket yang sering disebut sebagai bulkheads, terletak pada bagian bawah RAM dan memiliki lokasi yang berbeda – beda. Untuk RAM DDR 1 lokasi socket terletak pada bagian tengan RAM, untuk DDR 2 terletak agak sebelah kiri. Sedangkan untuk DDR 3 lokasinya disebelah kiri lagi.
Itulah beberapa tips untuk melihat jenis RAM DDR yang akan kita beli, untuk melihat spesifikasi RAM yang terpasang pada PC atau laptop kita, bisa dilakukan dengan salah satu cara sebagai berikut, yaitu dengan mengecek pada Windows Explorer. Setelah Windows Explorer tampil, langkah – langkah selanjutnya yaitu :
  • Klik kanan pada My Computer.
  • Pilih menu Properties.
  • Akan tampil jendela System, spesifikasi RAM yang terpasang akan tampak disana.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments