Monday, August 26, 2019

Cara Menjumlahkan Angka pada Tabel di Microsoft Word



Biasanya, ketika kita akan menghitung jumlah dari sebuah angka – angka pada tabel, kita akan menggunakan Microsoft Excel. Namun, jika kita membuat tabel pada Microsoft Word, lalu kita membutuhkan hasil penjumlahan dari data – data yang ada pada tabel, apakah kita perlu
memindahkan tabel tersebut ke Microsoft Excel lalu kemudian menghitungnya ? Ternyata tidak perlu, Microsoft Word memiliki rumus – rumus khusus untuk melakukan penghitungan tersebut.
Berikut adalah cara untuk menggunakan rumus khusus mengenai cara menjumlahkan angka pada tabel di Microsoft Word.

1.    Misal, kita sudah punya data tabel seperti di bawah ini. Dan juga pastikan kursor sudah berada pada cell lokasi jumlah.
2.    Setelah itu Anda harus masuk ke menu Insert dan kemudian pilih Quick Parts dan klik Field.
3.    Untuk menjumlahkan nilai tersebut, sudah pasti kita membutuhkan rumus. Oleh karena itu pada kotak field yang muncul pilih Formula.
4.    Setelah memilih Formula pada menu Field names, selanjutnya, pada field properties klik menu Formula.
5.    Akan tampil kotak dialog Formula. Rumus yang digunakan untuk penjumlahan yaitu =SUM(ABOVE). Pastikan tanda sama dengan sudah ada pada rumus tersebut. Karena itu berfungsi untuk menjumlahkan nilai maupun angka yang terdapat pada kolom yang ada di microsoft word. Lalu pada Number Format, kita atur dengan format ##0 apabila angkanya masih bilangan ratusan, dan gunakan #, ##0 apabila angkanya berjumlah ribuan. Setelah itu klik tombol OK.
Berikut hasilnya, pada cell tersebut sudah tampak hasil dari penjumlahan dari kolom tersebut.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments