Tuesday, August 6, 2019

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Access



Microsoft Access adalah Sistem Manajemen Database (Database Management System) dari Microsoft yang menggabungkan Microsoft Jet Database Engine relasional dengan antarmuka pengguna grafis dan perangkat pengembangan perangkat lunak.

·      Microsoft Access menyimpan data dalam formatnya sendiri berdasarkan Access Jet Database Engine
·      Seperti Database relasional, Microsoft Access juga dapat menghubungkan informasi yang mempunyai keterkaitan dengan mudah.
·      Microsoft Access juga dapat mengimport atau menghubungkan langsung ke data yang tersimpan pada aplikasi dan database lain, seperti SQL (Structured Query Language) pada desktop, server, minicomputer atau mainframe. Dan juga bisa terhubung dengan data yang tersimpan pada internet atau server web internet.
·      Microsoft Access dapat memahami dan menggunakan berbagai format database lainnya.
·      Dengan Microsoft Access, kita bisa mengeksport dan mengimport data dari file pengolah kata, spreadsheet atau dari file database langsung.
·      Microsoft Access dapat bekerja dengan database yang mendukung standar Open Database Connectivity (ODBC), seperti SQL Server, Oracle.
Microsoft Access menyimpan informasi yang disebut dengan database. Untuk menggunakan Microsoft Access, kita bisa menerapkan langkah berikut :
1.    Membuat database       -->  buat database Microsoft Access terlebih dahulu, lalu tentukan data yang akan disimpan.
2.    Data Input                    -->  setelah database dibuat, kita bisa input data pada database tersebut
3.    Query                           -->  proses pengambilan informasi dari database
4.    Laporan                        -->  informasi dari database yang disusun sedemikian rupa serta dapat dicetak pada report Access
Microsoft Access memanggil apapun yang bisa memiliki nama sebuah objek. Dalam database Access Desktop, objek utama adalah tabel, query, formulir, laporan, makro, data makro dan modul.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments