Monday, August 26, 2019

Tipe – tipe Data pada Microsoft Access



Sebelum kita memulai membuat database menggunakan Microsoft Access, alangkah lebih baik jika kita mengetahui tipe – tipe data yang bisa kita gunakan pada Microsoft Access, tipe – tipe data tersebut yaitu :

  1. Text                       : Merupakan tipe data yang sering digunakan untuk menyimpan data alfanumerik (huruf, angka, symbol), panjang maksimumnya 255.
  2. Memo                  : penggunaannya sama dengan tipe data text, namun kapasitasnya lebih besar, yakni mampu menampung nilai sampai 65535 karakter.
  3. Number               : Hanya digunakan untuk menyimpan data angka atau numerik.
  4. Date/Time          : Digunakan untuk menyimpan nilai tanggal dan jam. Panjang maksimumnya 8 karakter. Pada bagian bawah, kita bisa memilih format waktu.
  5. Currency              : Sering digunakan untuk nilai mata uang.
  6. AutoNumber     : Berisi angka urut yang sudak di tetapkan oleh Access yang muncul secara otomatis serta nilainya tidak dapat diubah.
  7. Yes/No                 : Tipe data yang berisi dua nilai saja yaitu Yes/No atau True/ false dan On/Off .
  8. OLE Object          : Digunakan untuk eksternal objek. Misalnya gambar,suara, dan sebagainya.
  9. Hyper link           : Gabungan dari Text dan Numerik yang disimpan dalam bentuk Text . Digunakan untuk membuat sebuah link yang dapat memanggil ke situs tertentu, atau file atau mungkin dokumen, kemudian menampilkannya.
  10. Attachment        : Digunakan untuk melampirkan suatu file berupa gambar, dokumen, musik mp3, atau video
  11. Calculated          : Untuk menampilkan data hasil perhitungan antara beberapa field, ketika tipe data ini dipilih, maka akan secara otomatis terbuka expression builder sebagai tempat untuk menuliskan rumus – rumus perhitungan.
  12. Lookup Wizard : Untuk memi lih sebuah nilai dari tabel lain atau List Box atau Combo Box.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments