Friday, August 23, 2019

Objek – Objek dalam Microsoft Access



Microsoft Access menggunakan objek untuk memudahkan dalam menggunakan dan mengatur informasi, serta dalam pembuatan report dari informasi yang disajikan.

Berikut adalah objek utama dari Microsoft Access
1.    Tabel
Tabel adalah objek untuk mendefinisikan dan menyimpan data.
·      Tabel berisi field untuk menyimpan data, seperti data nama, alamat, serta record atau baris yang mengumpulkan semua informasi tentang subjek tertentu.
·      Setiap field memiliki nama yang unik dan juga memiliki tipe data tertentu
·      Kita dapat menentukan primary key pada satu atau lebih field yang memiliki nilai unik untuk setiap record dan satu atau lebih indeks.

2.    Queries
Digunakan untuk mencari serta menampilkan data dari suatu tabel atau lebih berdasarkan syarat tertentu yang sudah didefinisikan pada query. Query dapat digunakan untuk memasukkan (input data), meng-update atau menghapus data pada beberapa record data pada saat yang sama. Selain itu query dapat dipergunakan untuk membuat tabel baru.

3.    Forms (formulir)
Digunakan untuk menampilkan data dari tabel dan query sehingga data tersebut dapat dilihat, ditambah, dihapus, dan sebagainya sesuai dengan eksekusi dari aplikasi.

4.    Report (laporan)
Untuk menampilkan laporan hasil analisa data yang telah diinput. Dimana pada laporan ini, data – data dikelompokkan sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Laporan dapat berupa grafik atau label.

Disamping objek utama di atas, terdapat juga objek – objek lain dari Microsoft Access, yaitu :
1.    Macro
Merupakan definisi terstruktur dari tindakan yang kita inginkan dari Microsoft Access untuk menanggapi peristiwa yang ditentukan. Dengan kata lain, macro adalah otomatisasi perintah yang digunakan untuk mengelola basis data.

2.    Modul
Objek dalam database desktop yang berisi prosedur yang telah ditentukan menggunakan aplikasi pemrograman Visual Basic. Bisa juga Modul adalah kumpulan deklarasi, laporan, dan prosedur yang disimpan bersama-sama sebagai satu kesatuan unit.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments