Monday, August 12, 2019

Pengertian dan Fungsi RDBMS (Relational Database Management System)



Teknologi yang berkaitan dengan pengolahan database terus mengalami perkembangan. Hal ini dapat tejadi karena kebutuhan yang sangat besar dalam pengolahan data, dimana menjadi lebih kompleks dari sebelumnya. Saat ini, relasional database menjadi salah satu teknologi yang sering digunakan
untuk mengolah database. Relasional database ini mengolah tabel – tabel untuk menyimpan data dari suatu objek dimana tabel – tabel tersebut saling terhubung melalui sebuah kunci yang dimiliki oleh setiap tabel yang disebut primary key. Primary key dihubungkan dengan tabel kedua sehingga tabel kedua menjadi foreign key.
Terdapat beberapa konsep untuk mengolah relasional database, diantaranya model hirarki, model jaringan dan RDBMS (Relational Database Management System). Namun, yang paling banyak digunakan adalah konsep RDBMS. Konsep RDBMS menyajikan data ke dalam bentuk tabel dua dimensi, yang terdiri dari baris (tuple) dan kolom (attribute).
Pengertian RDBMS
RDBMS adalah suatu system pengolah database dimana antara satu tabel dengan tabel lainnya memiliki hubungan atau relationship satu sama lain. Setiap tabel memiliki kunci yang disebut dengan primary key untuk dihubungkan ke tabel berikutnya yang memiliki foreign key.
Dengan hubungan antar tabel ini, maka data akan secara konsisten disimpan di suatu tabel, kemudian jika tabel lainnya membutuhkan data lainnya tinggal menghubungkan melalui foreign key.
Sebagai contoh adalah database kampus yang terdiri dari tabel_mahasiswa, tabel_matakuliah dan tabel_nilai.
·      Field dari tabel_mahasiswa adalah NIM,nama,alamat,tanggal lahir dengan primary_key NIM
·      Field dari tabel_matakuliah adalah kode_matakuliah,nama_matakuliah, sks dengan primary_key kode_matakuliah.
·      Sedangkan untuk field dari tabel_nilai adalah NIM,kode_matakuliah dan nilai. Untuk NIM dan kode_matakuliah merupakan foreign_key untuk tabel_mahasiswa dan tabel_matakuliah.
Bentuk relasi dalam database yaitu :
1.    One-to-one
2.    One-to-many
3.    Many-to-many

Fungsi RDBMS
·      Memperbaiki struktur susunan database
·      Menghapus strukstur yang sudah tidak digunakan lagi pada database
·      Membuat banyak tabel di dalam database
·      Membaca data di dalam database
Keempat fungsi dasar tersebut sebetulnya sama fungsi dasar yaitu Create,Read,Update dan Delete.
RDBMS dirancang khusus untuk menangani data yang berukuran besar dan memiliki banyak pengguna.
Demikian, semoga bermanfaat.

5 comments:
Write comments
  1. Advancement of DevOps: As associations take a gander at new innovations to upgrade their business readiness, speed and aggressive edge, they likewise face new difficulties that can't be only met with customary, outdated and on-premise observing instruments. Data Analytics Courses

    ReplyDelete

  2. 360DigiTMG is the best one in Hyderabad and is a Registered Education Provider (R.E.P.) by PMI to conduct training for this globally recognized certification.
    360DigiTMG pmp certification
    pmi acp certification

    ReplyDelete
  3. I recently came across your article and have been reading along. I want to express my admiration of your writing skill and ability to make readers read from the beginning to the end. I would like to read newer posts and to share my thoughts with you.

    Data Science Training

    ReplyDelete
  4. Included indentation and object-oriented functional programming make it simple. Such advantages of Python makes it different from other languages and that's why Python is preferred for development in companies mostly. data science course in india

    ReplyDelete
  5. ExcelR provides data science course in pune. It is a great platform for those who want to learn and become a Data Science Courses. Students are tutored by professionals who have a degree in a particular topic. It is a great opportunity to learn and grow.

    data science course in pune
    Data science course
    Data science courses
    data scientist course in pune with placement

    ReplyDelete