Sunday, April 7, 2019

Cara Memasukkan Section Break Di Ms Word 2013


Untuk memisahkan bagian – bagian dokumen pada Microsoft Word kita bisa memasukkan fasilitas Section Break. Pemisahan bagian dokumen ini sering kita perlukan agar ketika melakukan pemformatan pada satu bagian, maka bagian yang lain yang tidak perlu diformat tidak ikut terformat, seperti ketika membuat page border pada halaman pertama saja, atau
ketika kita akan membuat penomoran, dimana pada bagian daftar isi menggunakan angka Romawi sedangkan pada bagian isi menggunakan angka biasa, dan contoh – contoh yang lain. Penanda section secara normal memang tidak kelihatan.  Untuk melihat penandanya kita harus klik dua kali sama seperti membuat header/footer.

Membuat Section baru:

  1. Klik di dalam dokumen dimana Anda akan memulai Section baru.


  2. Pada tab Page Layout, di grup Page Setup, klik Breaks
  3. Lalu klik salah satu opsi yang disediakan Next Page, Continuous, Even Page, atau Odd Page pada galeri Section Breaks yang ditampilkan.
    Untuk penjelasannya yaitu :
    • Next Page           : section baru dimulai pada halaman selanjutnya, biasa digunakan untuk memulai bab baru dalam sebuah dokumen.
    • Continuous        : section yang baru terletak di halaman yang sama. Biasanya digunakan untuk halaman yang memiliki jumlah kolom yang berbeda.
    • Even Page          : Jika section ini yang dipilih maka memaksa halaman selanjutnya menjadi halaman genap
    • Odd Page            : Kebalikan dari Even Page, jika section ini yang dipilih maka memaksa halaman selanjutnya menjadi halaman ganjil
  4. Sebagai contoh, kita akan memilih Next Page, setelah opsi tersebut diklik, maka bagian dokumen yang kita klik sebelumnya, sudah bergeser ke halaman berikutnya.
Selain membuat section baru, kita juga merubah tipe section yang sudah kita buat sebelumnya, yaitu :
  1. Klik pada Section yang ingin Anda ubah.
  2. Pada tab Page Layout, di grup Page Setup, klik icon tanda panah kecil di pojok-kanan-bawah untuk membuka kotak dialog.
  3. Lalu pada kotak dialog Page Setup, klik tab Layout.
  4. Pada daftar drop down Section Start, klik tipe yang Anda inginkan, sebagai contoh kita akan memilih Contiuous. Setelah dipilih, lalu klik OK.
  5. Maka pada titik section yang sudah diklik tadi, akan berlanjut dari titik sebelumnya, dimana untuk yang kita klik tadi menggunakan section start next page.


Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments