Sunday, April 7, 2019

Mengatur Line And Page Breaks di Ms Word


Ketika kita memasukkan teks, gambar atau item lain ke dalam dokumen yang kita buat, Microsoft Word akan mengevaluasi posisi karakter dari teks tersebut. Ketika sebuah konten sudah mencapai batas Margin Kanan, Microsoft Word akan mengevaluasi apakah kata
selanjutnya masih cukup pada baris tersebut atau perlu untuk masuk ke baris yang baru. Begitu juga ketika teks telah akan mencapai batas Margin bawah, Microsoft Word juga akan mengevaluasi, apakah teks selanjutnya masih cukup untuk masuk di halaman tersebut atau harus masuk ke halaman yang baru. Namun, kita bisa mengubah aturan standar dari Microsoft Word tersebut menggunakan beberapa opsi pada menu Line And Page Breaks.
Selain itu, kita juga biasanya menginginkan agar Heading, judul tabel dan teks lainnya untuk berada pada halaman yang sama dengan teks yang mengikutinya, agar ketikkan tampak lebih rapi.
Untuk pengaturannya yaitu : 
  1. Klik pada paragraf yang ingin Anda format
  2. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik icon tanda panah kecil di pojok kanan bawah untuk membuka kotak dialog Paragraph 
  3. Klik pada tab Line And Page Breaks.
  4. Pilih check box beberapa opsi yang disediakan,
    berikut penjelasannya :


·         Widow/Orphan Control: Jika opsi ini tidak dipilih, Word akan memulai halaman baru ketika baris selanjutnya sudah tidak mencukupi untuk berada pada halaman tersebut. Hal ini memungkinkan akan menghasilkan baris dari awal paragraf muncul di bagian bawah halaman, atau sebuah baris dari akhir paragraf muncul pada bagian atas halaman selanjutnya. Jika opsi ini dipilih, Microsoft Word akan memindahkan kurang lebih satu baris paragraf ke halaman selanjutnya. Secara default, tanpa pengaturan apapun, opsi ini akan dipilih oleh Microsoft Word.
·         Keep With Next: Jika opsi ini yang dipilih, Microsoft Word akan memindahkan sebagian atau keseluruhan paragraf ke halaman selanjutnya.
·         Keep Lines Together: Jika opsi ini dipilih, Microsoft Word akan memindahkan keseluruhan paragraf ke halaman selanjutnya.
·         Page Break Before: Microsoft Word akan meletakkan Page Break otomatis di awal paragraf saat itu.
 
Setelah opsi yang dibutuhkan sudah dipilih, silahkan klik OK.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments