Tuesday, April 30, 2019

Mengatur Tampilan WordArt di Ms Word



Setelah dimasukkan WordArt tersebut bisa juga diedit, disesuaikan dengan kebutuhan dan kemauan dari si penulis, tentunya untuk memenuhi hal – hal tersebut Microsoft Word telah menyediakan fasilitas tersebut.

Cara memformat WordArt:

  1. Klik sebuah objek WordArt yang akan diformat.
  2. Jika ingin mengubah jenis huruf atau ukuran teks WordArt. Klik kanan pada objek WordArt lalu gunakan menu yang ada pada mini Toolbar
    atau bisa juga menggunakan menu pada tab Home di grup Font) untuk membuat pada jenis huruf atau ukuran huruf.
  3. Lalu jika ingin mengubah warna huruf WordArt, langkah pertama yaitu klik teks tersebut. Lalu pada tab kontekstual Drawing Tools, di grup WordArt Styles, klik Text Fill atau Text Outline, lalu pada galeri yang tampil, klik salah satu warna.
  4. Kemudian, jika ingin menambahkan efek tiga dimensi, caranya yaitu pada tab kontekstual Drawing Tools -> Format, di grup WordArt Styles, klik Text Effects, lalu klik 3-D Rotation. Akan tampil efek 3D yang bisa digunakan, arahkan pointer mouse pada salah satu item, lalu lihat preview pada objek WordArt, jika sudah menemukan yang sesuai, klik untuk menerapkannya.
  5. Jika ingin merubah teks WordArt menjadi bentuk lingkaran, lengkungan, atau bentuk lainnya, maka caranya yaitu pada tab kontekstual Drawing Tools -> Format, di grup WordArt Styles, klik Text Effects, lalu klik Transform. Akan tampil galeri item yang bisa digunakan, lalu arahkan pointer mouse pada salah satu item, lalu lihat preview pada objek WordArt, jika sudah menemukan yang sesuai, klik untuk menerapkannya.
Sedikit tambahan, dengan menarik / frag pada sisi dan sudut kotak di sekeliling objek WordArt tidak merubah ukuran hurufnya, hanya berpengaruh pada bungkus luar teks di sekitar objek. Ketika ukuran kotak diubah, maka akan berpengaruh pada jumlah baris yang bisa ditampung WortArt.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments