Tuesday, April 23, 2019

Mengubah Outline Dan Fill Shape di Ms Word



Setelah kita memasukkan objek shape ke dalam dokumen kita, tampilan dari objek tersebut tidak baku seperti saat dimasukkan, melainkan bisa kita edit sedemikian rupa sehingga tampak lebih menarik, seperti diubah warna dalamnya, ketebalan garis luarnya juga bisa diubah, serta
bisa diberi efek bayangan atau refleksi.
Untuk mengubah outline (warna dan ketebalan garis) serta fill (warna interior) caranya yaitu :
1.       Klik Shape yang ingin diubah.

2.       Pada tab kontekstual Drawing Tools -> Format, di grup Shape Styles, klik drop down pada menu shape style.

3.       Maka akan tampil galeri dari shape styles, arahkan pointer mouse pada salah satu galeri yang ditampilkan, jika sudah sesuai, klik salah satu.

4.       Untuk mengubah warna pada bagian dalam shape, caranya yaitu pada tab kontekstual Drawing Tools -> Format, di grup Shape Styles, klik tombol Shape Fill. Akan tampil galeri warna di bawahnya. Arahkan pointer pada salah satu warna, lalu amati perubahan pada shape, atau klik No Fill untuk membuat warna Shape menjadi transparan. Anda juga bisa mengisi Fill dengan gambar, gradient, atau teksture built-in.

5.       Setelah dipilih, maka warna shape akan berubah.

6.       Lalu untuk mengubah garis luar pada shape, maka caranya pada tab kontekstual Drawing Tools -> Format, di grup Shape Styles, klik Shape Outline.

7.       Akan tampil galeri warna, Pada galeri yang ditampilkan, arahkan pointer mouse pada salah satu warna, jika sudah sesuai klik warna yang ada pada Theme Color atau Standard Color, atau klik No Outline jika tidak ingin menggunakan garis ditepi shape. Jika ingin mengubah ketebalan Outline atau mengubahnya menjadi garis-putus-putus, klik Weight atau Dashes dan pilih salah satu yang ditampilkan.

8.       Setelah dipilih, maka warna garis akan berubah.

9.       Jika ingin menambahkan efek seperti bayangan, refleksi, dan lainnya, maka pada tab kontekstual Drawing Tools-> Format, di grup Shape Styles, klik Shape Effects. Pilih salah satu efek yang ditampilkan.

Demikian, semoga bermanfaat.

1 comment:
Write comments