Thursday, July 4, 2019

Membatalkan Perubahan Edit (Undo / Redo) pada PowerPoint



Seperti halnya aplikasi lain, adakalanya setelah kita membuat perubahan pada dokumen, kita ingin membatalkan yang telah kita buat tersebut. PowerPoint memberikan pilihan untuk membatalkan perubahan / perintah yang telah kita buat (undo) atau mengulang kembali
perintah yang telah dibatalkan sebelumnya (redo / kebalikan dari undo). Untuk undo dan redo bekerja secara berurutan, misalnya, jika tersedian 10 tindakan terakhir, apabila kita ingin membatalkan tindakan ke-5, maka tindakan 1-5 juga akan dibatalkan.

Untuk membatalkan tindakan terakhir, kita bisa melakukan klik pada tombol Undo di PowerPoint pada menu Quick Access Toolbar.

Kita dapat mengklik tombol Undo ini beberapa kali untuk membatalkan serangkaian tindakan. Untuk cara lebih baik, kita bisa mengurai beberapa tindakan dengan menggunakan tombol drop down di sebelah tombol undo. Ketika tombol drop down tersebut di klik maka akan tampil serangkaian tindakan yang telah kita lakukan pada dokumen tersebut. Kemudian kita dapat memilih tindakan yang ingin dibatalkan dengan menggeser kursor di atas tindakan dan klik tindakan tersebut.

Sedangkan untuk Redo, tersedia jika kita telah membatalkan setidaknya satu tindakan. Redo memiliki prinsip yang sama seperti Undo. Kita dapat mengeklik redo beberapa kali untuk mengulang kembali tindakan yang telah dibatalkan sebelumnya. Pada redo tidak ada menu dropdown seperti pada Undo.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments