Monday, July 1, 2019

Replace atau mengganti isi konten pada PowerPoint



Setelah sebelumnya kita berhasil menemukan kata yang kita cari dengan memanfaatkan fasilitas “Find”. Selanjutnya kita akan mengganti kata atau konten dengan memanfaatkan fitur “Replace”.
Untuk caranya yaitu :
1.    Pada ribbon Home, di group Editing, klik menu Replace.

2.    Akan tampil kotak dialog Replace, masukkan kata yang akan diganti pada field “Find what:” dan masukkan teks penggantinya pada field “Replace with:”.

3.    Kita juga dapat mempersempit pencarian dengan memilih “Match case” untuk menemukan kata yang persis sama dengan yang dicari, termasuk juga besar dan kecilnya huruf dan “Find whole words only” untuk menemukan seluruh kata – kata dari yang kita cari, dan bukan mencari dimana kata yang diketik hanya dari bagian kata.
4.    Tekan pada Find Next untuk menemukan hasil berikutnya dari pencarian tersebut, dan apabila kata yang dicari sudah ketemu silahkan bisa klik “Replace” untuk mengganti kata. Namun, jika ingin melewatkan untuk mengganti tersebut dan melanjutkan untuk melakukan pencarian maka jangan diklik replace namun klik Find Next lagi.
5.    Kotak dialog Replace tidak akan hilang setelah hasil pencarian ketemu, sehingga kita bisa klik Find Next beberapa kali sampai menuju akhir dokumen. Apabila sudah sampai pada akhir pencarian dari dokumen, maka akan tampil kotak dialog yang menunjukkan akhir pencarian.

6.    Apabila kita ingin langsung mengganti kata yang telah dimasukkan pada field Find what : tanpa melakukan pencarian terlebih dahulu, silahkan bisa langsung klik “Replace All”.

7.    Maka akan tampil kotak dialog seperti di bawah, bahka kata tersebut sudah diganti.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments