Tuesday, July 23, 2019

Mengelompokkan Objek – Objek pada PowerPoint menjadi satu kesatuan



Ketika kita membuat presentasi pada PowerPoint dengan melibatkan banyak konten yang terdiri dari bermacam – macam tipe dalam satu slide. Terkadang kita memerlukan tindakan yang sama untuk beberapa konten, sehingga agar memudahkan tindakan tersebut, sehingga tidak perlu untuk
melakukannya satu per satu pada setiap konten, maka cara yang paling tepat adalah mengelompokkan konten tersebut menjadi satu (grouping).
Untuk melakukan group dan ungroup, berikut adalah langkah – langkahnya pada PowerPoint.
1.    Pilih konten yang akan dikelompokkan, kita bisa pilih langsung shape atau objek bersama – sama. Atau dengan memilih satu per satu, yaitu dengan menekan tombol “Ctrl” pada keyboard, lalu klik objek tersebut satu persatu. Bisa juga dengan klik lalu drag mouse ke area pada slide, dengan demikian, seluruh objek pada area tersebut juga ikut dipilih.
2.    Selanjutnya pada Ribbon Format, di group Arrange, pilih menu Group, lalu pada sub menu yang tampil, pilih Group.
3.    Maka objek tersebut telah berhasil terkelompokkan menjadi satu.
4.    Selanjutnya, kita membuat perubahan pada group tersebut sesuai kebutuhan, apakah itu digeser, atau perubahan lain sesuai kebutuhan.
5.    Meskipun objek tersebut telah dikelompokkan, kita masih bisa mengedit objek tersebut secara individu.
6.    Jika ingin mengembalikan objek – objek tersebut menjadi individual seperti semula, kita bisa kembali ke menu Group lalu pilih Ungroup.
7.    Apabila diperlukan kembali untuk mengelompokkan lagi seperti sebelumnya, kita bisa memilih salah satu objek, lalu gunakan menu Regroup pada menu Group.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments